Api Unggun, Kesahajaannya Yang Banyak Dicari

Ungaran – Gegap gempita dan suka ria tersaji dalam upacara penyalaan api unggun Perkemahan Sabtu – Minggu (Persami) MAN 2 Semarang, Sabtu, (12/3) malam.

Upacara penyalaan api unggun ini menjadi salah satu agenda kegiatan Persami selain agenda-agenda lain yang tak kalah seru dan menyenangkan. Tepat pukul 20.00 WIB, api unggun dinyalakan. Seluruh peserta Persami bersorak sorai sambil berlari mengintari api unggun yang sudah menyala.

Ditemui di sela-sela kegiatan, Rudi salah satu peserta Persami mengaku sangat antusias mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, utamanya saat penyalaan api unggun.

“Kami sangat senang bisa mengikuti kegiatan Persami ini. Pokoknya MAN 2 Semarang terbaik dalam segalanya,” ucapnya penuh semangat.

Sementara mewakili pihak panitia, Agus Ibnu Ibad yang juga Kaur TU MAN 2 Semarang mengaku sangat bangga bisa mengadakan kegiatan Persami tahun 2022 meski dengan berbagai keterbatasan karena masih berada di tengah pandemi covid-19.

“Meski awalnya sempat merasa capek untuk menyiapkan kegiatan ini, tapi setelah acara ini berjalan dan api unggun dinyalakan, entah kenapa rasa capeknya seketika hilang. Dan tak hentinya kami bersyukur, kegiatan Persami bisa berjalan sebagaimana yang kami harapkan, meski kita semuanya masih harus waspada karena covid-19 belumlah sirna,” terangnya.

Dengan api unggun ini, Ibad berharap agar seluruh peserta Persami dapat mengambil hikmah bertapa suatu hal yang kecil tetap bisa memberi manfaat dan penerang bagi orang lain yang memang membutuhkan.

“Coba kita fikirkan bersama. Meski api unggun itu tidak seberapa besarnya, nyatanya semua dari kita beramai-ramai mendatanginya, berharap kehangatan darinya dan secercah cahaya yang dihasilkan. Semoga kita semua bisa mengambil hikmahnya, dan menjadi insan yang bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan,” katanya mengakhiri. (pai-shl/bd)