Audensi Pengawas Dengan Kakankemenag Kab. Pekalongan

Kab. Pekalongan – Bertempat di Ruang Zona Integritas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Pokjawas Madrasah dan Pokjawas PAI  melakukan Audiensi dengan Kepala Kankemenag Kabupaten Pekalongan yang baru, Drs. H. Sukarno, M.M. Kegiatan juga dihadiri Kasubbag TU, Drs. H. Muqodam, M.Sy juga Kasi Penmad, Drs. H. Busaeri, M.H serta Kasi PAI, Asrofi, SE. Senin, (14/3/2022).

Pokjawasmad  yang  berjumlah 10 orang terdiri dari : 1. H. Muslimin, M.Pd.I (Ketua); 2. Subiyantho, M.Pd.I; 3. Hj. Nur Hikmah, M.Pd.I; 4. Hj. Munifah, M.Pd.I; 5. Hj. Munasifah, M.Pd.I; 6. H. Imronudin, M.SI; 7. Izza Zulfana Faqih, S.Ag; 8. H. Sobari Amin, M.Pd.I; 9. Hj. Sakdiyah, M.Pd.I dan 10. Suyoto, M.Pd.

Adapun Pokjawas PAI berjumlah 6 orang terdiri dari : 1. Hj. Mufasiroh, M.SI (Ketua); 2. Sri Larasati, M.Pd.I; 3. Hj. Misrofah, M.Pd.I; 4. H. Aminudin, M.Pd.I; 5. H. Abrori, M.Pd.I; dan 6. Aruzi Hardono, S.Ag

H. Muqodam selaku moderator, membuka audensi tersebut dengan suasana yang berlangsung secara akrab dan dinamis tersebut dengan mengawali memberikan kesempatan pada masing-masing Ketua Pokjawas baik madrasah maupun PAI untuk memperkenalkan nama-nama personilnya, serta menjelaskan laporan kegiatan masing-masing dan rencana program juga harapan para pengawas.

Dalam pengantarnya H. Muslimin, M.Pd.I selaku Kapokjawas Madrasah menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan audensi pada siang hari ini.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk menjalin silaturahmi, komunikasi, dan koordinasi antara Pokjawas dengan Kakankemenag yang baru. Selain itu juga untuk menyampaikan beberapa aspirasi dan program dari Pokjawas kepada Kakankemenag Kabupaten Pekalongan.” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pokjawas PAI, Hj. Mufasiroh, M.SI menyampaikan 4 point, diantaranya : 1). Profil Pokjawas PAI dengan susunan kepengurusan serta program kerja Pokjawas PAI; 2). Laporan program yang telah terlaksana tahun 2021 serta tindak lanjut evaluasi hasil program; 3). Menyampaikan problem lapangan kekurangan jumlah pengawas PAI; serta 4). Meminta arahan dan bimbingan kepada Kakankemenag untuk peningkatan kinerja pengawas PAI ke depan.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, H. Sukarno menyambut baik dan berpesan dalam pertemuan ini merupakan salah satu bentuk penguatan bagi para pengawas.

Dalam tanggapannya memberikan dukungan positif, apresiasi serta motivasi kepada para Pengawas.  Disampaikan oleh Kakankemenag bahwa keberhasilan suatu pendidikan, salah satunya ditentukan oleh pembinaan dan arahan dari pengawas. “Arahan dan bimbingan ini dalam rangka menuju pendidikan yang bermutu baik,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kakankemenag  meminta kepada segenap pengawas agar menjalankan tugasnya dengan maksimal. Sesuai yang disebutkan dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas Pendidikan Agama Islam di sekolah.

“Pengawas harus melaksanakan tugasnya mulai dari penyusunan program pengawasan di bidang akademik dan manajerial hingga penyusunan laporannya,” jelas H. Sukarno.

Dalam kesempatan itu, H.Sukarno juga menyinggungkan terkait kebijakan pemerintah dalam pembangunan pada bidang agama dan program prioritas Kementerian Agama.

“Ada Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama pada tahun ini yaitu: Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Cyber Islamic University (Perguruan Tinggi Keagamaan), Kemandirian Pesantren, Religiosity Index dan Pencanangan Tahun Toleransi 2022,” tutur H.Sukarno.

“Untuk itu, saya juga menghimbau dan mengajak kepada seluruh pengawas, agar berpikir jernih, dan bersikap bijak serta tidak emosional, mengenai Surat Edaran Menteri Agama No.5 tahun 2022, terkait pengaturan pengeras suara, di masjid dan musholla.” himbaunya.

Diakhir sambutannya Kakankemenag juga menghimbau agar para ibu-ibu pengawas serta istri para pengawas lebih peduli dan berperan serta dalam kegiatan Dharma Wanita Persatuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan. (Red/bd).