Dandim Pekalongan Pimpin Sosialisasi Kampung Pancasila

Kab.Pekalongan – Dalam rangka meningkatkan masyarakat yang rukun, santun, berbudaya dan bergotong royong, Kodim 0710/Pekalongan menggelar Sosialisasi Kampung Pancasila bertempat di Balai Desa Tanjungsari Kecamatan Kajen, Rabu (2/3/2022).

Kegiatan Sosialisasi Kampung Pancasila dipimpin langsung Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan yang dihadiri Camat Kajen Agus Purwanto, Kasdim Letkol Inf Raji, Kapolsek Kajen Kompol Isnovim, Kepala Desa Tanjungsari Ahmad Fauzun, Danramil 03/Kajen Kapten Inf Nurkhan, para Perwira Staf Kodim, BPD, LPMD dan Tokoh masyarakat Desa Tanjungsari.

Dalam kegiatan tersebut Dandim 0710/Pekalongan Letkol CZI Hamonangan Lumban Toruan mengatakan bahwa TNI memiliki wacana atau program pembentukan kampung Pancasila dengan tujuan untuk mengembalikan marwah kehidupan masyarakat untuk saling bergotong-royong, saling menjaga, saling membantu, dan tenggang rasa antar umat beragama sehingga tercipta kehidupan yang damai dan harmonis.

Fungsi dari pada dibentuknya kampung Pancasila ini sebagai contoh kepada desa-desa yang lain untuk menangkal maraknya pertumbuhan ajaran-ajaran radikalisme yang sudah banyak berkembang di seluruh pelosok desa.

“Maka dari itu Desa Tanjungsari ini menjadi pilihan kami yang pertama sebagai Kampung Pancasila karena memiliki karakteristik masyarakat yang cukup baik untuk desa percontohan dan sebagai pilot project sehingga apabila berhasil akan dilaksanakan serentak di seluruh wilayah kota dan kabupaten Pekalongan.” ungkap Dandim Hamonangan.

Kegiatan Kampung Pancasila ini bukan hanya sebagai kegiatan seremonial saja, akan tetapi setiap hari akan dilaksanakan kegiatan yang bersifat gotong-royong seperti kegiatan pos ronda dan nanti akan dikawal oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Apabila terdapat hal-hal yang menonjol atau yang mencurigakan dapat segera diantisipasi mencegah timbulnya permasalahan yang tidak diinginkan sehingga keamanan dan kenyamanan warga dapat terjaga dengan baik.

“Kami mohon bantuan dan kerjasamanya kepada semua pihak agar program kegiatan Kampung Pancasila ini dapat berjalan baik sehingga ancaman radikalisme dan yang ingin merusak nilai – nilai pancasila dapat dicegah sedini mungkin,” pungkas Dandim.

Sementara itu Kepada Desa Tanjungsari Ahmad Fauzun menyampaikan rasa terimakasih kepada TNI Kodim 0710/Pekalongan yang telah berkenan hadir dan memberikan kepercayaan desanya untuk menjadi percontohan Kampung Pancasila.

“Terima kasih Pak Dandim bersama rombongan yang telah sudi hadir di kampung kami dan memberikan kepercayaaan untuk menjadi desa percontohan Kampung Pancasila, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan baik sukses dan lancar seperti yang diharapkan bersama”, tutur Ahmad Fauzun. (Hm Ddm/Ant/bd).