Bangun Solidaritas Masyarakat, Gubernur Jateng, Ganjar Pronowo Hibahkan 281 Miliar untuk Pengajar Agama di Jateng

Surakarta (Humas) – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didampingi Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, hadir serta membuka secara resmi kegiatan Rapat Kerja Kanwil Kemenag Prov. Jateng Tahun 2022 yang bertajuk “Transformasi Layanan Umat” bertempat di The Sunan Hotel, Solo pada hari Selasa (29/3).

Kegiatan Rapat Kerja (Raker) ini diselenggarakan setiap tahun yang bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program tahun 2021 serta pemantapan pelaksanaan program tahun 2022 yang akan dilaksanakan oleh jajaran satker Kanwil Kemenag Prov. Jateng yang berlangsung selama  3 hari mulai dari tanggal 29 – 31 Maret 2022.

Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad menyampaikan bahwa Jajaran Satker Kemenag Jateng siap jalankan 7 (Tujuh) Program Prioritas Kementerian Agama.

“Seluruh jajaran Satker Kemenag jateng, mari bersama-sama menjalankan 7 (Tujuh) Program Prioritas Kementerian Agama yaitu Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Tahun Toleransi Beragama, Revitalisasi KUA, Religiosity Index, Kemandirian Pesantren, dan Cyber Islamic University dengan penuh semangat berkolaborasi, agar program ini dapat terlaksana dengan baik di Lingkungan Jawa Tengah,” kata Musta’in.

“Dalam menjalankan program ini Kemenag Jateng memiliki slogan “Majeng” sebagai penyemangat dalam bekerja. Majeng memiliki 3 makna  yaitu dari kata maju artinya apapun yang kita kerjakan di hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Kedua, sebagai abdi masyarakat kita adalah seorang pelayan yang tugasnya melayani masyarakat dan hadir untuk memenuhi kebutuhan, harapan masyarakat. Ketiga kesedian keberanian untuk diukur, diasesmen, dinilai, dan bertanding. Kita siap untuk ditandingkan, dibandingan serta disandingkan dengan instansi lain. Makna inilah yang kita bangun bersama-sama se- Jawa Tengah, agar semua Satker Kemenag Jateng semakin bersinar,” imbuhnya.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo didampingi Kakanwil Kemenag Prov. Jateng, Musta’in Ahmad memberikan ucapan selamat kepada 2 (Dua) Penerima Sertifikat Pendidik PPG Tahun 2021 yaitu Mastutik Munfaati dari MTsN 1 Surakarta dan Andy Alfan dari MI Ta’ mirul Islam serta 6 (Enam)  Madrasah yaitu MTsN 1 Pati, MAN 1 Kudus, MAN 1 Banjarnegara, MAN 2 Banjarngara, MTs Tarbiyatul Banin Pati yang telah mendapatkan Penghargaan pada Ajang Sahabat Madrasah Award.

Ganjar Pranowo mengapresiasi atas tercapainya prestasi yang telah diraih, hal ini tentu dapat memicu motivasi untuk yang lain.

“Saya mengapresiasi kegiatan ini dan berharap agar program-program yang telah direncanakan berjalan dengan baik dan bermanfaat bagi masyarakat. Selain itu saya juga mengucapkan selamat kepada para pihak yang telah mendapatkan penghargaan. Tadi saya sempat menanyakan terkait keunikan atau keunggulan dari masing-masing Madrasah yang telah menerima Penghargaan, ternyata sekolah keagaman itu menarik. Mereka tidak hanya berprestasi soal keagamaannya saja, tetapi berprestasi juga dalam bidang lain seperti Olahraga maupun Sains. Hal ini tentu akan menciptakan anak-anak yakin dalam menatap masa depan dengan dibimbing oleh pendidik yang hebat,” ujarnya.

Selain itu, Ganjar menyerahkan Dana Hibah sejumlah Rp. 281.113.110.000 (Dua Ratus Delapan Puluh Satu Milyar, Seratus Tiga Belas Juta, Seratus Sepuluh Ribu Rupiah) dari Pemerintah Prov. Jateng kepada Kanwil Kemenag Prov. Jateng untuk bantuan intensif pengajar keagamaan sebesar Rp. 254.246.000.000 (Dua ratus Lima Puluh Empat Milyar, Dua Ratus Empat Puluh Enam Juta Rupiah) dan Dana BOS untuk Madrasah Aliyah sebanyak Rp. 26.867.110.000 (Dua Puluh Enam Milyar, Delapan Ratus Enam Puluh Tujuh, Seratus Sepuluh Ribu Rupiah).

Ganjar juga berharap bantuan ini dapat menambah semangat para pengajar agama, dalam membangun suasana solidaritas di masyarakat.

“Guru agama, penyuluh agama, itu menjadi bagian yang sangat penting untuk melakukan moderasi beragama sekaligu membuat rukun dan guyubnya masyarakat,” imbuh Ganjar.

Turut hadir dalam acara yaitu Perwakilan dari Walikota Surakarta, Jajaran Pejabat Kanwil Kemenag Jateng, Kepala Kemenag dari 35 Kab/Kota se Jateng serta perwakilan dari Satker di Lingkungan Kemenag Jateng.

(d/rf)