Jelang Ramadhan, BKM Kota Magelang Gandeng Baznas Adakan Pembinaan Kemasjidan

Kota Magelang – BKM berkolabirasi dengan Fokotama dan Baznas Kota Magelang selenggarakan pembinaan kemasjidan dalam rangka menyambut bulan suci ramadhan dan idul fitri 1443 H/ 2022 M di Aula Kecamatan Magelang  Tengah Jl. Sumbing No. 6 Kelurahan Cacaban. (Kamis, 17/3).

Selain para pengurus BKM, Fokotama dan Baznas Kota Magelang, hadir pula dalam kegiatan ini para takmir dan mushola se-Kecamatan Magelang Tengah.

Mewakili Kepala Kementerian Agama Kota Magelang, Kasubbag TU dalam sambutannya menyampaikan tentang pentingnya menjalin silaturahmi dan sharing antar lembaga se- Kecamatan Magelang Tengah yang mengelola bidang kemasjidan dan Mushala.

“Setidaknya ada 3 lembaga di Kota Magelang yang yang berfukus pada pengelolaan kemasjidan, yakni Dewan Masjid Indonesi (DMI), Forum Komunikasi Takmir Masjid dan Mushala (Fokotama) serta Badan kesejahteraan Masjid (BKM). Alhamdulillah hari ini kita bisa berkumpul dalam satu acara. Tentunya kita harus terus menerus menjalin kerjasama dan sinergitas antar lembaga untuk bersama-sama meningkatkan kualitas kemanfaatan dalam memakmurkan masjid dan mushala,” tegas Abdurrosyid.

“Dalam membina dan menggerakan potensi umat ada 5 lingkup prinsip-prinsip manajemen masjid yang perlu dilaksanakan yaitu fungsi masjid, karakteristik manajemen masjid, struktur organisasi, manajemen masjid dan konsep kemakmuran masjid. Terlebih menjelang ramadhan dan Idul fitri sebagai pengelola masjid dan mushola harus bisa menerapkan program yang tepat,” imbuhnya.

Semantara Camat Magelang Tengah daam arahannya menyampaikan “mari kita bangun ilkim yang sejuk untuk beribadah di masjid dan mushala. Tataplah terapkan protokol kesehatan untuk kebaikan bersama. Semoga dengan acara semacam ini akan memberikan wawasan untuk mengelola umat dengan lebih baik,” ujar Tri Teguh Widada.

Pasca kegiatan pembinaan kemasjidan, acara kemudian dirangkai dengan musyawarh pembentukan pengurus BKM Tingkat Kecamatan Magelang Tengah. (Hari/rf).