Kantin Madrasah Aktif untuk Siswa – Siswi Kreatif MIM Kauman

Kab. Pekalongan – Berkaitan sudah memasuki Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), maka Kantin Melati Mekar MIM Kauman kembali hadir memfasilitasi asupan makanan sehat siswa-siswi MIM Kauman. Sabtu, 19 Maret 2022.

Kurang lebih 2 bulan ini siswa-siswi MIM Kauman tidak perlu repot membawa jajan sendiri dari rumah. Dengan aktifnya kantin MIMKA, setiap istirahat pertama semua siswa dengan tertib mendapatkan jajan kering. Untuk istirahat kedua, disediakan makan siang untuk kelas 3 sampai dengan kelas 6 selama 4 hari sepekan.

Dengan tertib dan teraturnya, siswa-siswi berbaris, menunggu antrian untuk bergiliran mendapatkan makanan. Dan setelahnya, mereka belajar mencuci piringnya sendiri di bawah pengawasan  Bapak/Ibu guru.

Adapun maksud dan tujuan dari kantin madrasah yaitu : 1. Pembiasaan ke-sederhanaan; 2. Pembiasaan kebersamaan (tidak beda kaya dan miskin);Murah-hemat-aman; 3. Pembiasaan menjaga kebersihan yaitu cuci piring; 4. Manajemen tertib waktu dilanjutkan sholat berjamaah; 5. Menjaga sehat (insyaallah); 6. Semangat belajar dan stamina terjaga; 7. Pembiasaan Suasana pesantren; 8. Pembiasaan doa sblm dan sesudah makan; dan 9. Budaya antri.

“Saat di kantin, pengawasan terus dilakukan pihak madrasah untuk mengawasi anak-anak agar selalu menerapkan protokol kesehatan” tutur Djoko Susilo, S.Pd. SD kepala MIM Kauman

Dengan adanya kantin sehat, siswa mengaku senang karena dapat belajar tanpa harus membawa bekal dari rumah yang tentunya mengurangi beban di tas sekolah mereka. (Lia/Ant).