Kasubbag TU Kemanag Kota Magelang Berikan Pembinaan Bagi Da’i Kamtibmas

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Polres Magelang Kota bekerja sama dengan Kemenag Kota Magelang membentuk Dai Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas). Acara penyerahan surat keputusan dan pembinaan bagi da’i kamtibmas digelar hari ini di Aula Kemenag Kota Magelang Jl. Uripsumoharjo No. 106 Kelurahan Wates Kecamatan Magelang Utara.(Rabu, 30/3).

 Salah satu tugas para pendakwah ini menangkal radikalisme.

Didampingi Kasubbag TU Kemanag Kota Magelang, Surat Keputusan Dai Kamtibmas Kota Magelang diserahkan Kasat Binmas mewakili Kapolres yang sedang dalam tugas lain. Penyerahan dan pengukuhan ini menandai terbentuknya Dai Kamtibmas Kota Magelang.

Dalam sambutannya Kasat Binmas Polres Magelang Kota menyatakan “Tanpa kerjasama dengan Kemenag Kota Magelang Dai Kamtibmas tidak akan terbentuk. Sinergitas yang telah terbangun dengan baik selam ini memberikan dampak positif bagi kedua instansi dalam memberikan layanan di bidang keagamaan bagi masyarakat,” ungkap AKP Edy Suryono.

“Dai Kamtibmas menjadi kepanjangan tangan pemerintah untuk menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas kepada masyarakat. Terlebih dimasa pandemi Covid 19 ini, masyarakat membutuhkan sosialisasi dan edukasi yang dilakukan oleh orang-orang yang tepat. Keterlibatan tokoh agama dalam menciptakan situasi kondusif sangatlah penting, apalagi beberapa hari kedepan umat Islam akan memasuki bulan suci Ramadhan,” tambahnya.

Sementara itu pada acara yang sama Kasubbag TU Kemenag Kota Magelang yang didaulat sebagai narasumber pembinaan menjelaskan mengenai kiat-kiat da’i dalam menciptakan ketenangan dan kenyamanan kerika menjalankan misi dakwahnya.

“Tugas da’i kamtibmas adalah menyampaikan pesan-pesan kamtibmas dalam berbagai kegiatan keagamaan. Seperti saat khotbah Jumat, kajian agama di majlis taklim, serta saat memberi ceramah di masjid, sekolah, pondok pesantren dan forum pertemuan masyarakat lainnya. Dai kamtibmas berperan penting dalam membangun masyarakat yang nasionalis dan religius, sehingga harus sigap juga dalam menangkal radikalisme,’’ terang Abdurrosyid.

“Harapannya, dai kamtibmas mampu berinovasi dalam melakukan dakwahnya agar lebih diminati. Sehingga mampu menciptakan masyarakat untuk lebih memiliki fondasi akhlak yang baik dan berbudaya. Sehingga dalam menghadapi fenomena berita hoax, ujaran kebencian, intoleransi, radikalisme dan penyalahgunaan narkoba bisa kita selesaikan dengan baik,” jelasnya kemudian.

Dai Kamtibmas bentukan Polres Magelang Kota ini terdiri dari 33 orang pengurus yang berasal dari perwakilan kecamatan yang ada. Semoga dengan kiprahnya mampu menciptakan situasi dan kondisi masyarakat Kota Magelang yang kondusif. (Hari/rf).