Kemenag Kab Tegal Serahterimakan 52 SK  Penetapan  Pembaharuan dan Piagam Statistik Pesantren

Tegal.  KepalaKankemenag Kab. Tegal menyerahkan  52 SK  Penetapan  Pembaharuan dan Piagam Statistik Pesantren kepada seluruh pondok pesantren di Kab Tegal yang telah  lolos proses verifikasi dan terdata dalam EMIS Pondok pesantren.  Penyerahan dilakukan secara langsung kepada para pengasuh pondok pensantren dan dengan sistem cluster untuk meminimilasir terjadinya kerumunan masa di era pandemi Covid 19, sekaligus menjadi wahana Kepala Kantor Kemenag yang baru dilantik untuk bersilaturokhim.

Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren/PD Pontren-Kaukabudin- menjelaskan  bahwa SK diterbitkan oleh Kemenag Pusat dan ber-barcode. Masa berlakunya SK  tidak dibatasi, namun tetap ada monitoring/pemantauan  secara berkala oleh Kemenag.

“ Selama Pondok Pesantren masih eksis dan berdasarkan  hasil pemantauan Kemenag itu riil  melaksanakan aktifitas, menunaikan hak dan kewajibannya sebagai lembaga Ppendidikan keagamaan serta tidak melanggar ketentuan maka SK tersebut terus berlaku.” Jelasnya 15 Maret 2022

Kepala Kantor Kemenag–Akhmad Farkhan- dalam beberapa kesempatan menyampaikan terimakasih kepada para kyai/ustadz yang telah berkontribusi besar dalam pengembangan pendidikan keagamaan di Kabupaten Tegal. Beliau berharap pondok pesantren tetap menjadi contoh yang baik dalam mewujudkan ukhuwah Islamiyah, terutama dalam menghadap masalah masalah yang rawan masalah seperti politik dan lain lain.

“ Jika para kyai/ustadz  bisa menghadapi masalah-masalah dengan tersenyum, saya yakin santrinya beserta wali santrinya juga akan ikut  tersenyum. Jadi tolong hadapi setiap masalah dengan senyuman.” Pesannya.

Farkhan juga meminta ijin jika nantinya di beberapa moment akan hadir di majlis-majlis taklim pondok pesantren di Kab Tegal. Disamping untuk nyantri menambah ilmu, juga untuk menjalin silaturokhim dengan para kyai/ustadz sekaligus  menjaring aspirasi untuk perbaikan program.

Salah satu pengasuh Pondok Pesantren  Al Ikhsan Kabunan Dukuhwaru – Kyai Akhmad Tochawi  Said Masykur -menyampaikan selamat dan rasa bangga/bahagianya  karena ada Kepala Kankemenag Kab Tegal yang baru dilantik dan berkenan mengunjungi pondoknya.

“  Saya terharu karena baru pertama kali ini ada Kepala Kantor Kemenag Kab Tegal  yang baru dilantik lalu berkenan silaturokhim ke Pondok Kami. Semoga ini jadi tanda awal yang baik.” Harapnya. (Najmudin)