Kemenag Kendal Lauching SEMAKIN PINTAR Media Edukasi Berbasis Digital

Kendal – Menjawab tantangan di era digital dalam bidang pendidikan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal bersama Tanoto Foundation merilis aplikasi SEMAKIN PINTAR sebagai media edukasi berbasis digital yang disiapkan oleh Seksi Pendidikan Madrasah guna mendorong upaya untuk peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan madrasah, Senin (28/3).

Pendidikan di era digital merupakan pendidikan yang harus mengintegrasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi ke dalam seluruh mata pelajaran. Perkembangan teknologi ini menjadi tantangan bagi guru dan lembaga penyelanggara pendidikan, untuk itu bersama dengan Program PINTAR, upaya ini diwujudkan dalam pelatihan dan pendampingan di sekolah serta mengembangkan berbagai praktik baik dalam pembelajaran, manajemen sekolah dan budaya baca serta menyebarluaskannya ke semua stakeholder pendidikan.

Dijelaskan Kepala Seksi Pendidikan Madrasah, Muhamad Muslikhan bahwa sebagai salah satu syarat guru profesional di era digital adalah selain memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional juga harus memiliki wawasan, kemampuan dan keterampilan dalam penggunaan teknologi digital. Hadirnya aplikasi SEMAKIN PINTAR sebagai pengembangan inovasi untuk kualitas pembelajaran yang lebih baik.

“Malalui aplikasi yang akan dilaunching ini sebagai sarana guru madrasah untuk saling berinteraksi memperluas literasi dan mengembangkan kompetensi dalm dunia pendidikan,” ujarnya.

Dalam kegiatan launching ini peserta hadir baik secara daring maupun luring, dari unsur pengawas madrasah, kepala madrasah, operator dan guru madrasah mengikuti launching media edukasi berbasis digital SEMAKIN PINTAR yang secara simbolis diresmikan oleh Kepala Kantor kementerian Agama Kabupaten Kendal dengan melakukan login akses.

Sambut baik kegiatan ini, Kakan kemenag, Mahrus berharap transformasi pengetahuan dan ketrampilan pengembangan Website dan Learning Manajemen System yang dimiliki Tanoto Foundation dapat dikembangkan dan dikelola dengan dukungan stakeholder Madrasah di Kabupaten Kendal.

“Modul Self Learned Digital Learning pembelajaran dan manajemen sekolah program PINTAR  Tanoto Foundation bisa dimanfaatkan oleh para kepala madrasah, guru dan pengawas di lingkungan Kantor Kemenag Kab. Kendal. Dengan berkembangnya pendidikan era digital maka memungkinkan siswa mendapatkan pengetahuan yang berlimpah ruah serta cepat dan mudah dipahami,” terang Mahrus. (bel/rf)