Kemenag Kota Magelang Siap Bersinergi Dengan Pengurus JSIT Jateng Hasil Muswil V

Kota Magelang – Musyawarah Wilayah (Muswil ) V Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Indonesia Wilayah Jawa Tengah dibuka hari ini di Hotel Atria Jl. Jend. Sudirman No.42 Kelurahan Tidar Selatan  Kecamatan Magelang Selatan. (Sabtu, 5/2).

Rencananya Muswil ini akan diselenggarakan selama 2 hari kedepan yakni pada Sabtu-Minggu, 5-6 Maret 2022 dengan mengusung tema Dengan Semangat Kebangsaan Wujudkan Pendidikan yang Bermutu menuju Jawa Tengah Maju.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah Uswatun Hasanah mewakili Wakil Gubernur Jawa Tengah yang berhalangan hadir dalam sambutan sekaligus pembukaannya menyampaikan harapan kepada JSIT agar maju bersama dengan sekolah negeri dan swasta lainnya untuk membangun masyarakat.

 “Butuh proses panjang untuk mewujudkan generasi emas. Saya berharap JSIT turut aktif dalam  mengembangkan kurikulum merdeka khususnya di Jawa Tengah. Dalam pelaksanaannya, kurikulum merdeka akan lebih memberikan ruang kreatiiftas yang lebih luas bagi peserta didik. Tidak ada lagi dominasi guru, yang ada sekarang guru hanyalah merupakan fasilitator dalam mengoptimalkan minat dan bakat siswa,” kata Uswatun.

Ditemui disela-sela kagiatan ini, Kepala Kankemenag Kota Magelang menyampaikan harapannya kepada JSIT Indonesia untuk mampu mempercepat kemajuan dan peningkatan kualitas peserta didik khususnya di aspek pendidikan agama Islam.

“Soliditas pengurus JSIT mendatang menjadi salah satu hal yang harus konsen ditumbuh kembangkan. Dengan soliditas yang ada, JSIT akan dapat mewujudkan tujuan bersama dengan lebih cepat. Kekuatan persaudaraan yang kuat menjadi semangat tersendiri dalam menuntaskan berbagai program yang telah ditetapkan,” ujar Sofia Nur.

“Kementerian Agama Kota Magelang akan selalu siap support dan bersinergi dengan pengurus JSIT hasil Muswil V, karena program-programnya selaras dalam meningkatkan mutu pendidikan di bidang keagamaan,” imbuhnya.

Tujuan Muswil adalah sebagai bentuk tanggungjawab JSIT dalam memajukan pendidikan secara khusus di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Selain agenda utamanya memilih Ketua JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah, juga dilaksanakan kegiatan pendukung diantaranya Lomba Kompetensi Kepala Sekolah, Lomba Kompetensi Guru, Lomba Siswa, Seminar Pendidikan Nasional, serta Lokakarya BMPSIT JSIT Indonesia Wilayah Jawa Tengah.

Hadir dalam pembukaan Muswil ini antara lain Ketua LPMP Jawa Tengah, Ketua PGRI Provinsi Jawa Tengah diwakili Bendahara, Ketua Dikdasmen PWM Provinsi Jawa Tengah, Ketua LP Ma’arif NU Jawa Tegah, Wakil Ketua DPRD Kota Magelang dan Kepala Kantor Kemenag Kota Magelang. (Hari/rf).