KH Ahmad Saihu Fungsikan Juga Masjid Sabilul Muttaqiin Untuk Dakwah Bilhaal

Kota Magelang – Masjid merupakan sarana ibadah yang strategis baik untuk ritual maupun dakwah bil haal (harokah dakwah) dalam mengaktualisasikan ajaran Islam. Disamping itu pada praktiknya sering dimanfaatkan pula untuk proses pendidikan dan kegiatan syiar Islam lainnya. Kini masjid juga berfungsi untuk mewujudkan kesejahteraan dan ketertiban sosial melalui kajian-kajian keagamaan.

Perkembangan jaman menuntut peran masjid menjadi lebih luas. Membangun karakter dan identitas kebudayaan umat muslim saat ini melekat pula menjadi perannya. Tidak bisa dipungkiri, bahwa masjid memiliki beragam fungsi yang ditujukan untuk kemaslahatan umat Islam.

KH Ahmad Saihu yang juga merupakan penyuluh agama Islam Kankemenag Kota Magelang mengembangkan peran masjid Sabilul Muttaqien Jl. Diponegoro No. 59 RT 02/05 Kelurahan Kemirirejo Kecamatan Magelang Tengah dengan berbagai kreatifitas dan inovasinya.

“Masjid Sabilul Muttaqiin juga kami pergunakan untuk aktifitas kesenian relegi seperti hadroh. Hadroh menjadi salah satu media rasa mahabbah kepada baginda Rosul muhammad SAW. Mencintai Rosul akan membawa kita untuk mengikuti uswahnya, dengan harapan semua amal ibadah baik ritual maupun harakah dakwah bil haal mendapatkan ridlo dari Allah SWT,” ujar KH Ahmad Saihu ketika ditemui, (Jum’at, 18/3).

“Betapa pentingnya fungsi masjid bagi kaum muslimin, tidak hanya sebatas sebagai sarana ibadah ritual semata akan tetapi juga menjadi pusat kegiatan kemasyarakat. Hal ini telah dicontohkan oleh Rosululloh SAW sejak dulu,” imbuhnya mengutip kisah hijrah Nabi SAW.

Aktifitas dakwah diadakan dimasjid Sabilul Muttaqiin ini adalah pengajian rutin setelah shalat magrib dan juga kajian tafsir Alqur’an yang di ikuti oleh jama’ah tanpa batasan umur mulai dari remaja ,dewasa bahkan hingga berusia lanjut disetiap Senin usai Shalat Isya’.

Khusus bagi untuk anak-anak diadakan juga kajian Al Qur’an mulai sejak belajar membaca, menghafal sekaligus melagukanya. Kegiatan ini dibimbing secara langsung KH Ahmad Saihu yang juga merupakan salah satu hafizd di Kota Magelang ini. (Saihu/Hari/rf).