Launching Nusantara School MIN 1 Kendal

Kendal – MIN 1 Kendal dengan inovasi layanan pendidikan yang dilakukan melalui aransi kelas, usaha mengubah lingkungan fisik kelas di sekolah menjadi lebih nyaman, menarik dan membuat betah ketika belajar menuai apresiasi Bupati Kendal, yang secara resmi melaunching MIN 1 Kendal sebagai Nusantara School, Rabu (30/3).

“Ini adalah suatu inovasi yang harus kita apresiasi bersama, bagaimana ini bukan sekedar inovasi untuk memberikan motivasi kepada anak didik dalam menggapai pendidikan yang maksimal tapi ini juga cara kita menjawab tuntutan pendidikan yang dipaksa beradaptasi dengan kondisi saat ini,” begitu disampaikan Bupati Kendal Dico M Ganinduto dalam sambutannya.

Disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus bahwa kesuksesan pendidikan sangat ditentukan pelibatan keluarga dan masyarakat dalam satuan pendidikan formal. Salah satu wujudnya dengan membentuk paguyuban kelas dan aransi kelas yang anggotanya adalah orangtua siswa. Meskipun program aransi kelas belum begitu banyak diketahui sekolah dan masyarakat, namun MIN 1 Kendal sukses mengemas dan mengimplementasikan penguatan pendidikan sekaligus memajukan kebudayaan yang dimulai dari ruang kelas.

“Di MIN 1 Kendal ini Kepala madrasah bersama orangtua siswa yang tergabung dalam paguyuban orangtua siswa telah mampu mengaransi kelas menjadi kerajaan islam Indonesia, hasilnya kelas menjadi nyaman dan menyenangkan, ini merupakan inovasi yang luar biasa,” ujar Mahrus.

Sementara Kepala MIN 1 Kendal, Subiyono memaparkan  bahwa sebanyak 29 kelas telah ter-aransi dengan 29 macam kerajaan Islam di Indonesia. Ada kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, Maluku, Kalimantan, Sulawesi, dan Nusantara Timur dan Barat. Dirinya juga menyampaikan MIN 1 Kendal siap menjadi rujukan destinasi wisata Kabupaten Kendal

“Kami mempunyai 29 kelas kerajaan Islam dan kami bersama tim memberanikan diri untuk menjadi destinasi wisata kabupaten Kendal, maka kami juga mengundang Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata,” jalasnya.

Seremonial launching dilakukan dengan pembukaan tirai Nusantara School oleh Bupati Kendal didampingi Kakan Kemenag, Kepala Dinas Pendidikan dan Kepala madrasah. Kemudian acara dilanjutkan penyerahan piala lomba aransi kelas sebagai wujud apresiasi kepada  paguyuban orangtua siswa dengan aransi yang telah dilakukan dan dinilai berdasarkan nominasi kelas terfavorit, kelas terlengkap, kelas terindah, terunik dan terefisien. (bel/rf)