MGMP  PAI SMP se-Kabupaten Pekalongan

Kab. Pekalongan – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP  Kabupaten Pekalongan adalah wadah musyawarah bagi guru-guru pengampu mata pelajaran Agama Islam dan Budi Pekerti di Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SMP) yang berdomisili di Kabupaten Pekalongan.

Melalui MGMP tersebut para guru dapat bertukar informasi serta saling berbagi ilmu dalam rangka meningkatkan kuwalitas dan kapasitas keilmuan sebagai pendidik . Forum tersebut juga menjadi media untuk menyampaikan informasi yang berasal dari instansi-instansi yang punya kaitan erat dengan para guru pengampu mapel PAI seperti Kementerian Agama sebagai pengambil kebijakan di bidang agama.

Bertempat di SMP Negri 04 Sragi, pada hari Kamis tanggal 17 Maret 2022 berlangsung pertemuan MGMP yang dihadiri oleh Pengawas PAI dan para guru PAI tingkat SMP se Kabupaten Pekalongan. Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala SMP Negeri 04 Sragi selaku tuan rumah kegiatan serta dihadiri pula oleh Kepala Seksi PAI, Asrofi, SE yang mewakili Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan.

Dalam kesempatan sambutan pengarahanya Kasi PAI Asrofi menyampaikan, “Ada beberapa hal yang menjadi prioritas Kementerian Agama Republik Indonesia yaitu tentang moderasi beragama,”ungkapnya.

“Pencanangan Tahun Moderasi Beragama dimaksudkan agar dalam segala sisi kehidupan berbangsa dan bernegara selalu menjunjung tinggi nilai nilai agama yang noderat termasuk dalam dunia Pendidikan,” lanjutnya.

Disampaikan pula Surat Keputusan Dirjen Pendis nomor 12 tahun 2022 tentang Juknis Pencairan TPG sebagai hak para guru yang telah bersertifikasi dan Surat Keputusan Dirjen Pendis nomor 631 tahun 2022 tentang Juknis Pelaksanaan Ujian Sekolah Mapel PAI dan Budi Pekerti. Kaitanya dengan Ujian Sekolah Kasi PAI berpesan agar penyusunan soal – soal ujian harus dicermati benar-benar agar jangan sampai memuat soal – soal yang bertentangan dengan semangat moderasi beragama . Selanjutnya kegiatan MGMP diteruskan dengan diskusi membahas kisi – kisi soal ujian sekolah tahun 2022 serta peningkatan kapasitas pendidik yang dimoderatori oleh Habib Jundan yang sekaligus menjabat sebagai ketua MGMP PAI SMP Kabupaten Pekalongan. (Asf/Ant/bd).