Momen Isra Mi’raj, Ketua Pokjaluh Grobogan Berikan Tausiyah di Polres

Grobogan – Bertempat di masjid Baiturrahman Polres Grobogan, dilaksanakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Saw tahun 1443 H/2022 H, dengan tema “Dengan Hikmah Isra Mi’raj Nabi Besar Muhammad SAW Kita Tingkatkan Keimanan dan Kinerja Guna Mewujudkan Polri yang Presisi”, pada 13 Maret 2022.

Dalam kesempatan itu hadir Moh. Zaenal Arifin, S.Ag, Penyuluh Agama Islam Kankemenag Kab. Grobogan sebagai narasumber menyampaikan, setiap tanggal 27 Rajab umat muslim selalu memperingati Isra Miraj yang merupakan peristiwa naiknya Nabi Muhammad ke Sidratul Muntaha, sebuah ruang tak tersentuh manusia, untuk menerima perintah shalat.

Dalam tausiyahnya Zainal Arifin yang merupakan ketua Pokjaluh Kab. Grobogan, menyampaikan Isra Mi’raj harus di dasari dengan iman karena kalau tidak dilandasi iman maka banyak orang yang tidak percaya kejadian tersebut merupakan perjalanan spiritual Nabi Muhammad SAW.

Sebagian ulama mengatakan bahwa Isra Mi’raj dalam rangka Allah SWT menghibur Rasulullah SAW setelah dua orang yang dicintai meninggal yaitu istri dan paman beliau karena secara psikologis Rasulullah terpukul hatinya waktu itu masih diawal dakwah Nabi Muhammad SAW.

Pada kesempatan itu juga Zainal menyampaikan SE Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Musala. Substansi dari Surat Edaran tersebut bukan melarang penggunaan bukan untuk pengeras suara di Masjid dan Musholla, melainkan hanya untuk mengatur pemasangan, penggunaan serta pengaturan volume dari pengeras suara. Sehingga tidak menggangu Masyarakat di sekitar masjid dan musholla baik itu muslim maupun non-muslim.

“SE Menteri agama RI nomor 5 tahun 2022 bukan melarang penggunaan pengeras suara di masjid dan mushola, namun hanya mengatur volume dari pengeras suara,” ujarnya.

Menurut Zainal lagi, kegiatan bimbingan mental keagamaan di Polres Grobogan tidak hanya dilaksanakan pada peringatan hari besar Islam (PHBI) namun rutin dilakukan sesuai hasil MOU Kapolres dengan Kakankemenag Kab. Grobogan.

Sebagai informasi kegiatan perayaan Isra Mi’raj tahun 1443 H/2022 M Polres Grobogan dihadiri oleh para KBO, Kasubag, perwakilan personil Bagian Satlantas, Reskrim, SPKT dan Kapolsek se-Kab. Grobogan.

Pada pelaksanaan acara Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW tahun 1443 H/2022 M Polres Grobogan tetap berpedoman pada protokol kesehatan yang ketat.(Sua/Rf)