MPP Kota Magelang Diresmikan Menteri PANRB, Kemanag Kota Magelang Dukung Dengan Membuka Tenant Layanan

Kota Magelang – Hari ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo resmikan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Magelang yang berlokasi di Lantai 2 Gedung Kyai Sepanjang Jl. Kartini No. 4 Kelurahan Magelang Kecamatan Magelang Tengah. (Kamis, 17/03). MPP Kota Magelang menjadi MPP ke-11 di wilayah Provinsi Jawa Tengah serta ke-54 di Indonesia yang menghadirkan 303 jenis layanan dari 26 instansi pemerintah, BUMN/D dan swasta.

Sebelum meresmikan, Menteri Tjahjo Kumolo menyampaikan bahwa MPP merupakan wujud transformasi birokrasi ke model modern dengan menyatukan berbagai pelayanan untuk memudahkan perizinan usaha yang akan meningkatkan daya saing. Keberhasilan MPP dapat dilakukan dengan mengontrol SDM dan fasilitas agar tetap prima serta akses teknologi informasi untuk memastikan bisnis proses berjalan dengan baik. Pelayanan publik merupakan cermin dari birokrasi yang dijalankan oleh sebuah pemerintahan. Tegasnya.

“Kehadiran Mal Pelayanan Publik diharapkan dapat mendongkrak kemudahan berusaha di daerah melalui penyediaan layanan perizinan dan non perizinan yang terpadu sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan perekonomian. Mal Pelayanan Publik harus mampu menarik dan memfasilitasi investor dari berbagai level untuk menanamkan modalnya,” imbuh Tjahjo Kumolo.

Sementara itu ditemui disela-sela mengikuti acara, Kasubbag TU yang saat itu mewakili Kepala Kankemenag Kota Magelang mengungkapkan bahwa MPP merupakan langkah strategis dalam memberikan layanan yang mudah, cepat dan menyamankan masyarakat. Keberhasilan MPP tidak hanya secara fisik bangunannya semata, akan tetapi penarapan teknologi informasi dalam layanan serta kecakaan kompetensi SDM yang mengawaki. Ungkap Abdurrosyid.

“Wujud nyata kita mendukung suksesnya program ini yakni dengan membuka tenant layanan kementerian agama di MPP Kota Magelang. Semoga ini menjadi menjadi jalinan kerjasama yang efektif dan bermanfaat bagi kementerian agama Kota Magelang dalam meningkatkan kualitas layanan,” tambah Abdurrosyid.

Mendampingi Manpan RB dalam persemian ini Sekda Provinsi Jateng Sumarno, Wali Kota Magelang Muchamad Nur Aziz, Wakil Wali Kota Magelang M. Mansyur, serta Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa. Selain itu hadir pula jajaran aparat keamanan dari unsur Polda Jawa Tengah, Kodam IV Diponegoro dan Akademi Militer.

MPP adalah wujud pelaksanaan program pemerintah Kota Magelang dalam memberikan pelayanan cepat, tepat dan nyaman. Diharapkan dengan layanan yang semakin membaik ini mampu menumbuhkan kepercayaan masyarakat untuk bersinergi dengan pemerintah mewujudkan Kota Magelang yang bersih, santun, danĀ  setulus hati. Menjadikan Kota Magelang Maju Sehat dan Bahagia. (Wahono/Hari/rf).