MTsN 2 Pekalongan Ukir 336 Prestasi Dalam Waktu 2 Bulan

Kab. Pekalongan – Gemerlap prestasi kembali bersinar dari MTsN 2 Pekalongan. Madrasah yang berlokasi di ujung barat wilayah kabupaten Pekalongan, tepatnya di kecamatan Kesesi ini sangat tepat jika dinobatkan sebagai madrasah berprestasi. Bagaimana tidak? Dalam kurun waktu 59 hari, madrasah ini berhasil mengukir 336 gelar juara. Prestasi tersebut diantaranya ditorehkan oleh peserta didik sejumlah 330 gelar, guru sejumlah 3 gelar dan prestasi madrasah sebanyak 3 gelar. Rabu, 2 Maret 2022.

Berbagai kompetisi akademik untuk peserta didik telah diikuti baik di tingkat nasional maupun provinsi. Tercatat 304 gelar juara tingkat nasional dan 26 gelar tingkat provinsi diukir oleh siswa-siswa berbakat MTsN 2 Pekalongan. Perjuangan dan pengorbanan mereka yang tidak ringan telah berbuah manis yakni semakin bersinarnya madrasah terutama di wilayah kabupaten pekalongan. Ratusan penghargaan berupa medali dari kompetisi yang mereka ikuti telah menjadi pundi-pundi prestasi madrasah. Berdasarkan data yang diperoleh dari Tim Pendataan Prestasi, tercatat 110 medali emas, 104 medali perak, 89 medali perunggu serta 19 gelar juara harapan telah dipersembahkan oleh Rilza Dwi Aprilia, Naily Murodah, Rico Juliansyah dan siswa berprestasi lainnya baik dari kelas 7, 8 dan 9.

Selama Januari hingga Februari 2022 semangat dalam mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh berbagai panitia sangatlah tinggi. Progres yang mereka tunjukkan sangatlah cantik. Diawali dengan hanya 1 atau 2 siswa, hingga kini semakin banyak siswa yang termotivasi untuk mengasah kemampuan melalui berbagai lomba. Meski dilaksanakan secara daring, Rilza dkk tak pernah mengeluh. Mereka tetap tekun dalam belajar, kreatif memperkaya wawasan, serta mengasah kompetensi melalui lomba-lomba online. Satu demi persatu prestasi yang diraih ternyata memberikan motivasi bagi siswa lain. Sehingga MTsN 2 Pekalongan semakin berkibar.

Tak hanya siswa, guru pun ikut berperan dalam kebangkitan prestasi madrasah. Kesabaran bapak ibu guru dalam membimbing, memberikan arahan serta motivasi kepada siswa-siswanya telah menjadi energi positif dan bahan bakar terbesar mereka dalam berprestasi. Apalagi teladan yang baik dari guru, tentu akan semakin menjadikan para siswa bersemangat. Tercatat, selama 2 bulan, ada 3 prestasi tingkat nasional telah diukir oleh seorang guru IPA. Wahyu Hidayani, S.Pd telah berusaha menjadi teladan bagi para siswa yang dibimbingnya terutama pada mapel IPA. Ia sungguh berharap rekan-rekan guru lainnya akan tergugah untuk bersama-sama berjuang menjadi teladan prestasi bagi siswa MTsN 2 Pekalongan.

Gelar juara di tingkat kabupaten juga telah diukir selama kurun Januari-Februari 2022. Gelar tersebut antara lain: Juara 1 kontibutor berita terbaik di lingkungan kemenag kab.Pekalongan kategori madrasah, Juara 2 perolehan prestasi terbanyak kategori MTs, serta Juara 2 UPZ Penghimpun Terbaik. Seluruh gelar tersebut diperoleh berkat peran serta warga madrasah, mulai dari pimpinan, dewan guru, hingga tenaga kependidikan, sehingga menjadi prestasi bersama.

Ungkapan syukur datang dari Kepala Madrasah, Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat, “Alhamdulillah, puji syukur kehadirat Allah, yang telah memberikan petunjuk, pertolongan dan rahmatNya sehingga langkah kita semua semakin tegap dan mantap untuk terus bangkit berprestasi. Semoga cita-cita menjadi madrasah hebat bermartabat, mandiri dan berprestasi akan dapat kita wujudkan, tentu dengan kerja keras bersama, keikhlasan dalam berjuang dan semangat memajukan pendidikan di madrasah yang kita cintai ini,” ungkapnya.

Imam juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh warga madrasah khususnya para guru, tenaga kependidikan dan peserta didik atas kesungguhan membawa nama baik madrasah. “Jangan pernah menyerah, teruslah berusaha, semoga Allah merihoi perjuangan kita.” pungkasnya. (Why/Ant/bd).