Pelatihan Penulisan Berita, Tingkatkan Kualitas Website

Kota Mungkid- Pentingnya kualitas dalam penulisan berita sebagai daya dukung konten website, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang mengadakan pelatihan pengelolaan media informasi pada instansi pemerintah di Terracotta Resto Palbapang Mungkid, Selasa, (29/03/2022).

Menghadirkan narasumber Fany Rachmawati, pranata humas Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, serta Pratono, Redaktur Jawa Pos Radar Magelang. Peserta pelatihan 30 orang dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Swasta, Pengawas, Penyuluh dan perwakilan bagian yang ada di KanKemenag Kabupaten Magelang.

Banyaknya informasi yang ada di lingkungan KanKemenag Kabupaten Magelang perlu diketahui masyarakat. Salah satu caranya melalui publikasi website dan media sosial Kemenag Kabupaten Magelang. Hal tersebut disampaikan Kasubag Tata Usaha, Khoironi Hadi mewakili Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Magelang dalam pembukaan Pelatihan tersebut.

“Saya melihat banyak sekali kegiatan-kegiatan dari madrasah, penyuluh, pengawas, dan seksi yang ada di Kemenag, monggo yang ada kegiatan apa saja bisa disampaikan dalam bentuk berita,” ungkap Khoironi Hadi.

Jika sudah tertata dengan baik, harapannya, website Kemenag Kabupaten Magelang disajikan dalam tiga bahasa yaitu, Indonesia, Arab, dan Inggris. Hal tersebut sejalan dengan perkembangan Kabupaten Magelang yang go International. “Karena dekat dengan Borobudur, yang pasti akan menjadi perhatian dunia,” paparnya.

Sementara Pranata Humas pada Dinas Kominfo Kabupaten Magelang menyampaikan materi terkait Menulis Berita. Fany menyebutkan tulisan yang baik sedikitnya memiliki satu dari empat hal, yaitu mendidik, menginformasikan, menghibur atau menginspirasi.

“Jika ingin mendidik, tulisan harus memberi solusi yang baik,” kata fany. Sedangkan menginformasi adalah memberikan informasi terbaru. Sedangkan menghibur diartikan memberikan solusi ketika masyarakat membutuhkan hiburan dari kejenuhan dan rutinitas. “kita bisa memberikan inspirasi kepada pembaca melalui gaya bahasa storytelling,” lanjutnya.

Redaktur Radar Jawa Pos Radar Magelang menyampaikan materi tentang dua jenis berita yang bisa ditulis di Website, yaitu Features dan Hardnews. Dalam kesempatan tersebut juga dijelaskan terkait dengan Teknik Penulisan Berita. “Judul jangan terlalu panjang, cukup simple saja tetapi menarik,” ungkap Pratono. (FS/Sua)