Pembinaan Guru Madrasah di Lingkungan Kankemenag Kab. Temanggung

Temanggung – Dalam rangka pembinaan guru madrasah di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, melalui seksi Pendidikan Madrasah dilaksanakan  kegiatan Pembinaan Guru dengan tema “Pak Kakankemenag Menyapa Guru Madrasah.” Kegiatan pembinaan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir  didampingi Kasi Pendidikan Madrasah, H. Ahmad Sugijarto  dan staf Pendidikan Madrasah, pengawas madrasah wilayah Kecamatan Bulu. Kegiatan ini dilaksanakan di MI Miftakhul Athfal Bulu, Kamis (10/3).

Kegiatan ini juga dihadiri oleh guru di wilayah Kecamatan Bulu, Tlogomulyo yang terdiri dari 10 MI dan 17 RA / BA yang berjumlah kurang lebih 145 orang. Dalam sambutan dan pembinaannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung, H. Ahmad Muhdzir merasa bangga atas semangat para guru di wilayah tersebut. Beliau berharap bahwa kegiatan ini merupakan penyamaan persepsi  bagi guru dalam menyikapi kegiatan belajar mengajar untuk mencerdaskan generasi bangsa yang berakhlak dan berwawasan maju.

“Dalam suasana pasca pandemi ini, guru diharapkan dapat menanamkan rasa kasih sayang untuk dapat meningkatkan intelektual dan spiritual serta menyamakan pandangan yang bisa menciptakan anak sholeh, bertaqwa dan beriman,” himbaunya.

Beliau juga menyampaikan 4 pilar dalam mempertahankan kehbinekaan, keberagaman agama dan adat istiadat bangsa di negara tercinta ini. Seperti maraknya dalam pemberitaan bahwasannya sebagai guru bisa mengendalikan dan menyelesaikan suatu masalah dengan anti kekerasan agar bangsa ini bisa berkembang dan bekerjasama dengan tentram dan nyaman untuk bisa menuju Indonesai maju.

“Keberagaman budaya dan adat istiadat ini akan bisa menjaga Moderasi Beragama di lingkungan kita terutama di dunia pendidikan,” pungkasnya.

Pada kegiatan ini salah satu guru kelas dari MI Miftakhul Athfal, Muhammad Murtafi’in merasa senang dan berharap pembinaan ini bisa berkesinambungan untuk menumbuhkan semangat bagi guru dalam mengabdi pada pemerintah khususnya bidang pendidikan pada madrasah ibtidaiyah. Selain itu, ibu Choirunnisa yaitu guru kelas pada MI Pandemulyo menyampaikan uneg-unegnya bahwa pembinaan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung ini merupakan penyemangat / motivasi agar dalam meningkatkan kualitas peserta didik ini guru mempunyai keikhlasan agar tercipta generasi bangsa yang berakhlak. “Kepala Kantor agar memberikan perhatian yang lebih terutama peningkatan sarana prasarana dan kesejahteraan guru terutama di madrasah-madrasah yang terpencil, agar nantinya dapat bersaing dengan sekolah-sekolah negeri,” harapnya.(sr/rf)