Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Market Day

Salah satu tujuan dari pendidikan adalah membentuk watak, karakter, serta mengembangkan potensi peserta didik untuk menghadapi masa depannya. Hal tersebut sesuai dengan tujuan pendidikan nasional yang tertuang dalam UU No.20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa pendidikan berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Sebagai salah satu lembaga yang menjalankan proses pendidikan, MTs Negeri 3 Tegal mempunyai tujuan yang sejalan dengan UU No.20 Tahun 2003. Salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka membentuk karakter dan mengembangkan potensi peserta didik MTs Negeri 3 Tegal mengadakan kegiatan Market Day dan Gelar Karya Siswa pada hari senin, 14 Maret 2022. Kegiatan tersebut merupakan ajang untuk menjual serta mempertunjukkan hasil karya siswa-siswi MTs N 3 Tegal.

Pada kegiatan yang diikuti oleh semua siswa-siswi mulai dari kelas VII sampai IX tersebut yang terdiri dari beberapa kelompok disetiap kelas menjual produk buatannya mulai dari makanan, minuman, dan kerajinan tangan. Produk-produk tersebut merupakan hasil dari kreatifitas siswa-siswi MTs N 3 Tegal. Dengan kegiatan Market Day dan Gelar Karya Siswa tersebut diharapkan dapat menumbuhkan sikap kreatif, mandiri, serta jiwa entrepreneur pada siswa-siswi MTs N 3 Tegal sehingga kedepannya dapat menjadi manusia yang unggul, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. (RQ/MGP/bd)