Peserta Didiknya Sabet Juara 3 Tingkat Nasional, Muh. Muntoyo Bilang Begini

Tegal (Slawi) – Haifa Lu’lu’ah Zahro, peserta didik kelas VIII FDS 2 MTs Negeri 2 Tegal, berhasil membawa pulang gelar tingkat nasional dalam lawatannya ke kabupaten Temanggung pada 26 Maret 2022 yang lalu.

Bertajuk Qur’anic Festival Tingkat Nasional, Haifa berhasil menyabet juara 3 dari cabang lomba tartil yang diadakan oleh MA Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Kabupaten Temanggung.

Kepala madrasah, Muh. Muntoyo sangat bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada semua pihak terlebih guru pendamping atas bimbingan dan usahanya sehingga salah satu peserta didik MTs Negeri 2 Tegal bisa mendapatkan hasil yang membanggakan.

“Harapan kami, kedepannya akan ada Haifa-Haifa lain yang bisa membanggakan MTs Negeri 2 Tegal di kancah regional maupun nasional.” Harapnya singkat.

Sementara itu Miftakhul Ikhsan Fauzi, Ahmad Noova Anshori, dan Muhammad Balya selaku pembimbing mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak madrasah karena telah mendukung secara total atas raihan prestasi ini.

“Mewakili pembimbing ekstrakurikuler MTQ, kami ucapkan kepada pihak madrasah atas dukungan penuhnya agar peserta didik MTs Negeri 2 Tegal dapat mengikuti lomba-lomba yang dilaksanakan dalam lingkup regional maupun nasional.” Ucap Ikhsan panggilan akrab Ustad Miftakhul Ikhsan Fauzi didampingi oleh Ahmad Noova Anshori.

Ustadz Ikhsan dan Ustadz Nova juga mengungkapkan bahwa proses Haifa hingga dinyatakan lulus sebagai salah satu finalis pada lomba tartil, berawal dari diperolehnya informasi berupa poster Qur’anic Festival tingkat SMP dan MTs yang diterimanya melalui pesan dari Grup WhatsApp (WAG).

“Atas informasi tersebut, kami bersama pembimbing lain mulai mendaftarkan Haifa untuk kompetisi cabang tartil pada tanggal 3 Maret 2022. Kemudian pada tanggal 20 Maret 2022, kami merekam video Haifa dan mengirimkannya untuk diseleksi oleh panitia. Selanjutnya pada tanggal 22 Maret  2022, melalui surat pengumuman dan undangan, Haifa terpilih menjadi 10 besar finalis Lomba tartil, yang bertanding secara offline di area kampus MA Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Kabupaten Temanggung.” Ungkap Ikhsan dan Nova.

Selanjutnya pada Sabtu, 26 Maret 2022, Ustadz Nova dan Ustadz Balya mengantar Haifa dengan didampingi ibunya untuk memperebutkan gelar juara cabang lomba tartil tingkat nasional di kampus MA Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Kabupaten Temanggung.

“Dalam ajang lomba tersebut, panitia menyediakan 9 maqra’ untuk peserta dengan durasi 7 menit. Peserta dapat memilih undian maqra’ setelah peserta sebelumnya mulai membaca Ayat. Jadi persiapan hanya sekitar 4 menit. Alhamdulillah Haifa mampu meraih juara 3 cabang lomba tartil setelah diumumkan oleh panitia lomba.” Tutup Nova. (Akb86/bd)