PMR MTsN Surakarta 1 Bagikan Ratusan Paket Makanan di Bulan Sya’ban

Surakarta- Palang Merah Remaja (PMR) MTsN Surakarta 1 menggelar bakti sosial pada Ahad, (6/3/2022). Kegiatan bakti sosial merupakan agenda  rutin yang dilakukan oleh anggota PMR MTsN Surakarta 1 dan dilaksanakan sejak tahun 2000-an. Kegiatan ini dilakukan di sekitar lingkungan madrasah dengan membagikan 200 paket makanan. Setiap paket berisi 1 dus makan siang, 1 dus snack, dan 1 gelas minuman. Karena masih masa pandemi, maka kegiatan ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat.  Sebanyak 30 anggota PMR yang dipilih oleh Pembina PMR dan terdiri dari  ketua, wakil, dan anggota PMR kelas 7 dan 8. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk melatih karakter, memiliki jiwa sosial  dan melatih anak agar berbuat baik kepada sesama.

Acara ini digelar pada bulan Sya’ban yang merupakan bulan mulia, karena berada di antara bulan Rajab dan  Ramadhan. Bulan Sya’ban adalah bulan latihan, pembinaan dan persiapan diri supaya menjadi orang yang sukses beramal shalih di bulan Ramadhan. Adapun amalan-amalan yang bisa kita lakukan pada bulan Sya’ban yaitu memperbanyak shalawat serta berpuasa, perbanyak istighfar, dan berdoa karena didalamnya terdapat malam Nisfu Sya’ban. Salah satu amalan yang tak boleh dilupakan di bulan Sya’ban ini adalah sedekah. MTsN Surakarta 1 pun memilih bulan Sya’ban untuk berkegiatan bakti sosial sebagai ajang pembentukan karakter bulan Ramadhan.

“Di tahun tahun sebelumnya kegiatan bakti sosial ini dinamakan dapur umum, berhubung sudah dua tahun pandemi belum mereda sehingga kegiatan ini diganti dengan bakti sosial” tutur  Dewi Nurjannah selaku pembina PMR MTSN Surakarta 1. “Kegiatan dapur umum adalah kegiatan menyiapkan makanan dari mulai memasak  sampai dengan menyajikan di daerah bencana. Kalau dapur umum di MTsN Surakarta 1 hanya memasak makanan kemudian  dibagikan untuk warga sekitar MTsN Surakarta 1” sambung beliau.

Kami juga mewawancarai Sen Ardan selaku pembina PMR MTSN Surakarta 1 mengenai kegiatan bakti sosial. “Tidak ada hambatan, hanya saja takut jika makanannya kurang pada saat dibagi-bagikan” ujar beliau. Alhamdulillah makanan yang dibagikan kurang dan cukup untuk warga sekitar MTsN Surakarta 1.

“Alhamdulillah…saya sangat bangga menjadi anggota PMR MTsN Surakarta. Saya merasa banyak hal yang saya dapatkan setelah mengikuti kegiatan PMR. Di PMR kami diajarkan melaksanakan kegiatan-kegiatan kemanusiaan di bidang kesehatan dan siaga bencana. Dengan kegiatan tersebut dapat membangun dan mengembangkan karakter kepalangmerahan agar siap menjadi relawan PMI di masa depan, “tutur Hanin, anggota PMI.(Annisa-Naddiya/Diana/bd)