Pokjawas PAI Tingkat Jateng Selenggarakan Rakor dan Muskerwil

Kabid PAI Imam Buchori memberikan pengarahan paa saat acara pembukaan rakor pokjawas PAI

Kelompok kerja pengawas PAI menyelenggarakan rapat koordinasi sekaligus muskeril. Acara pembukaan berlangsung di aula lantai 3 Kanwil Kemenag Prov. Jateng, Selasa 29 Maret 2022.

Pada saat memberikan pengarahan dalam acara pembukaan Kabid Pendidikan Agama Islam Imam Buchori menyampaikan bahwa program moderasi beragama program harus dikawal bersama-sama dengan berbagai elemen..

“Kita melakukan pengawalan pembelajaran untuk moderasi Bergama, hal ini kita laksanakan berkolaborasi dengan FKG, KKG, MGMP, Pergunu dan AGPAII terus kita lakukan”, terangnya.

Imam buchori juga berharap agar pengawas bisa memastikan pembelajaran PAI di sekolah benar-benar dipegang oleh guru sesuai dibidangnya.

“Pengawas PAI juga harus bisa memastikan guru agama ada paling terdepan jangan sampai proses pembelajaran diampu oleh guru mata pelajaran lain sehingga meminimalisir terjadi tindakan menyimpang”, tambah Imam Buchori.

Sementara itu ketua Pokjawas PAI tingkat Jawa Tengah Amir Mahmud pada saat memberikan sambutan menyampaikan agenda kegiatan berupa rapat koordinasi dan musyawarah kerja pokjawas PAI yang berlangsung secara luring dan daring.

“Insya Alloh rapat ini akan dilaksanakan secara luring dan daring”, paparnya.

Dia menyampaikan acara kegiatan akan berlangsung selama dua hari yang berlangsung di dua tempat dengan berbagai agenda dan diisi oleh narasumber yang dapat memberikan pencerahan.

“Selama 2 hari nanti semoga mendapakan suatu pengarahan kita sebagai pengawas  mampu memberikan pencerahan tentang berbagai macam perkembangan yang saat ini terjadi”, kata Amir Mahmud dalam sambutannya.

Dia berharap kegiatan ini dapat menambah wawasan pengawas mengenai tugas pokok dan fungsinya melalui narasumber yang dihadirkan.

“Salah satunya diantaranya kita memahami tentang tugas pokok fungsi pengawas yang akan disampaikan para narasumber”, jelasnya.

Selain acara rapat koordinasi yang berlangsung di aula Kanwil Kemenag Prov. Jateng, kegiatan juga akan dilanjutkan dengan musyawarah kerja pokjawas yang dilaksanakan pada hari berikutnya di kompleks PAUDNI dan PNF Ungaran Kabupaten Semarang untuk pemilihan pengurus periode 2022-2025.

Dalam rangka mendukung acara tersebut telah diagendakan beberapa narasumber untuk hadir menyampaikan materi diantaranya mengenai kebijakan kurikulum merdeka dan peran pengawas PAI dalam program sekolah penggerak di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, pengetahuan penyusunan sasaran kinerja pegawai. Akan hadir juga ketua Pokjawas pusat Dr. Wahid Hasim secara luring.

Sementara dari pantauan selain peserta tampak hadir Subkoordinator PAI pada TK/PAUD M. Arif Hanafi, Ketua MGMP PAI SMA Hery Nugroho, Ketua MGMP PAI SMK Untoro, Ketua KKG PAI SD Siti Kusrini, Ketua DPW AGPAII Jateng M.Ahsan. (dsr/rf)