Semangat MIN 5 Semarang, Sambut Persari Tingkat Provinsi

Ungaran – Barung biru putri MIN 5 Semarang dipastikan lolos ke Persari tingkat Provinsi setelah ditetapkan sebagai barung tergiat II dalam gelaran Pesta Siaga tingkat Binwil Semarang yang diadakan di Sanggar Pramuka Kabupaten Demak, Minggu (27/5).

Pesta Siaga tingkat Binwil Semarang sendiri diikuti oleh kontingen dari Kabupaten Demak, Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Kabupaten Kendal, Kota Salatiga dan Kabupaten Grobogan.

Dihubungi lewat sambungan telepon, kepala MIN 5 Semarang Supriyono menyampaikan bahwa nilai plus penilaian dewan juri diperoleh pada saat barung biru putri MIN 5 Semarang menampilkan tarian Topeng Ireng yang menjadi ikon kesenian lokal Desa Gemawang Jambu saat pelaksanaan Karnaval Budaya.

“Meski sudah beberapa kali kontingen kami mengikuti pesta siaga tingkat Binwil, alhamdulillah tahun 2022 ini kami bisa menembus sampai Persari Kwarda Jawa Tengah,” katanya.

Sedikit menjelaskan, Supriyono menginformasikan bahwa tarian Topeng Ireng yang dibawakan apik oleh kontingen MIN 5 Semarang dulunya bernama tari dayakan. Bukan karena pencipta tarian ini merupakan orang dari suku dayak, melainkan pakaian yang digunakan menyerupai pakaian khas dayak.

“Memang pakaian yang dikenakan hampir menyerupai pakaian khas dayak. Namun Topeng Ireng di sini bukan berarti penarinya menggunakan topeng berwarna hitam, tapi akronim dari Toto Lempeng Irama Kenceng. Toto artinya menata, Lempeng berarti lurus, Irama artinya nada, dan Kenceng artinya keras. Artinya, dalam tarian ini para penarinya berbaris lurus dengan nada musik yang keras dan penuh semangat,” jelasnya.

Dengan perolehan prestasi ini, Supriyono meminta doa dan dukungan dari semua pihak utamanya dalam mempersiapkan segala hal untuk mewakili Binwil Semarang maju dalam Pesta Siaga “Persari” tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan dilaksanakan 28 Mei mendatang di Bumi Perkemahan Karanggeneng.

“Mohon doa dan suppportnya, semoga kontingen kami bisa tampil terbaik dan menjadi jura lagi,” pungkasnya. (shl/bd)