Sinergitas Pokjaluh Pemalang dan Rutan Kelas IIB Pemalang

Kab. Pemalang – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pemalang melalui Penyuluh Agama Islam Fungsional dan Penyuluh Honorer bekerjasama dengan Rumah Tahanan Kelas IIB Pemalang melakukan bimbingan penyuluhan agama kepada warga binaan.

Bimbingan penyuluhan agama Islam merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap hari Rabu dan Kamis pagi mulai jam 09.00 WIB di Musholla Rutan.

Kegiatan diawali dengan sholat Dhuha berjamaah dan dilanjutkan istigosah, Rabu, 30/3. Warga binaan nampak sangat khusyuk mengikuti kegiatan. Selesai Istighotsah dilanjutkan dengan tausiyah materi agama yang berkesinambungan dari pertemuan sebelumnya sesuai dengan materi petugas yang hadir pada hari itu.

Menurut Ketua Pokjaluh Pemalang, Nur Efendi yang menyampaikan, “Pola penyampaian materi lebih bersifat dialogis, sehingga materi akan lebih mudah diterima oleh warga binaan. Setelah selesai kegiatan bimbingan dan penyuluhan , oleh petugas dilanjutkan dengan materi Baca Tulis Al-Qur’an secara sorogan ( secara individual) dari seluruh warga binaan yang hadir,” jelasnya.

“Bimbingan penyuluh sangat bermanfaat bagi warga binaan rutan dalam mengisi hari-hari selama di dalam rumah tahanan. Ilmu agama yang diberikan akan menjadi siraman agar jiwa warga binaan rutan tidak gersang. Kelak akan menjadi bekal yang bermanfaat ketika sudah kembali ke masyarakat,” pungkas Nur Efendi.(Ws/Sua)