Tahun ke 2 MA Al Islam Jamsaren Giat Manasik Haji dan Umroh

Dalam rangka  meningkatkan pemahaman dan ketrampilan peserta didik dalam terhadap kegiatan ibadah umrah dan haji, MA AL-ISLAM JAMSAREN Surakarta mengadakan kegiatan Manasik Haji dan Umrah (28/03). Kegiatan yang dilaksankan di Edupark Alaska Mojogedang, Karanganyar diikuti sebanyak 64 siswa siswi kelas X dan 6 guru pembimbing. Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang kembali dilaksanakan setelah tertunda 2 tahun kare pandemic covid-19.

Kegiatan terlaksana dengan baik, dimulai pukul 09.00 s.d 10.30 WIB dengan dipandu dari  pihak Edupark. Manasik Haji adalah petunjuk/penjelasan cara mengerjakan dan sebagai tuntunan hal-hal yang berhubungan dengan rukun, wajib, dan sunnah haji dengan menggunakan miniatur ka’bah dan dilaksanakan sebelum berangkat ke tanah suci. Para calon haji haji remaja ini juga belajar bagaimana cara tawaf, sai, wukuf, lempar jumroh, dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang di buat mirif dengan keadaan di tanah suci.

Ketua Panitia sekaligus Wakamad Kesiswaan, Khoirul Masyhur menyampaikan motivasi pada peserta bahwa tujuan dari kegiatan adalah ini agar-agar anak-anak mengetahui, memahami tentang Rukun Islam ke-5 yaitu Ibadah Haji bagi yang mampu. “Harapan kita semua tentunya, ketika dewasa nanti mereka memiliki motivasi dan cita-cita untuk menunaikan Rukun Islam kelima ini,” tuturnya. Ia menambahkan bahwa Ibadah haji merupakan salah satu ibadah yang membutuhkan kesiapan mental serta fisik yang memadai sehingga sejak usia dini perlu diperkenalkan. “Setidaknya mereka mengetahui tata cara pelaksanaan ibadah haji,” ujarnya.

Para peserta didik terlihat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Mereka mendengarkan, menyimak dan mempraktekkan tata cara pelaksanaan Ibadah Haji sesuai dengan panduan. “Dalam kegiatan ini, kita juga belajar tentang pentingnya kesabaran dan menjaga kesehatan,”ucap Ferdiana Isma, salah satu peserta kegiatan. (kn/my/bd)