Uji Kompetensi Psikomotorik dengan Ujian Praktik

Kab. Pekalongan – Sejumlah 182 siswa MTs N 1 Pekalongan sejak Selasa, 15 Maret 2022 melaksanaan ujian praktik.  Siswa Kelas IX meskipun sudah selesai melaksanakan  Penilaian Akhir Semester (PAS) genap, selama enam hari pada pekan lalu, mereka masih disibukkan dengan mengikuti ujian praktik selama tiga hari. Pelaksanaan ujian praktik Dijadwalkan selama tiga hari yaitu Selasa, 15 Maret hingga Kamis, 17 Maret 2022.

Kepala MTs N 1 Pekalongan, H. Mukhlisin menuturkan, siswa kelas IX saat ini sedang melaksanakan ujian praktik selama tiga hari.

“Selama tiga hari, siswa mengikuti ujian praktik yang dilaksanakan tiap kelasnya ada satu hari satu mata pelajaran, ada yang dua mata pelajaran sesuai jadwal yang sudah di tentukan. Yang sudah dijadwalkan mulai 15 Maret sampai 17 Maret 2022, Dan dari empat mata pelajaran yang diuji praktikan diantaranya Agama, IPA, PJOK, Seni Budaya, dan Prakarya.” ucapnya.

“Sebelumnya, penjadwalanya sudah ditata oleh panitia ujian praktik, di bawah koordinasi bidang kurikulum.

“Alhamdulillah di hari pertama  semua peserta bisa mengikuti ujian dengan baik semoga lancar dan tertib sampai hari tarakhir pelaksanaan serta  hasilnya maksimal  tidak ada yang mengulang atau mengikuti ujian susulan,” tegas H. Mukhlisin.

Masih waktu yang sama, Waka Kurikulum Eni Muhanah, S.Pd juga mengungkapkan, nilai ujian praktik akan digabung dengan nilai ujian madrasah. Lalu dipadukan dengan nilai rata-rata raport, semester satu sampai enam jadilah nilai akhir yang akan dimunculkan diijazah.

“Adapun nanti pelaksanaan ujian madrasah akan dilaksanakan sesuai jadwal yaitu dari hari Senin, 18 April hingga Senin, 25 April 2022. Semua perencana dan pelaksanaannya itu sudah diatur oleh panitia ujian madrasah,” jelasnya.

Eni juga berharap, pada saat siswa mengikuti ujian praktik maupun  ujian madrasah supaya dengan sunguh-sungguh. Sehingga perolehan nilainya dapat meningkat. Dan bisa mepermuda bagi mereka, untuk melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi lagi.(US-IY/Ant/bd).