Untuk Kelima Kalinya Pokjaluh Kemenag Kab. Jepara Gelar Akhirussunah Pada TPQ Binaannya

Kab. Jepara – Kelompok Kerja Penyuluh (POKJALUH) Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jepara adakan “Haflah Akhirussanah Santri Taman Pendidikan Al Quran RUSUNAWA Kyai Mojo yang kelima kalinya”. Pada hari Kamis, 24 Maret 2022, yang bertepatan 21 Sya’ban 1443 Hijrah, pada Blok B lantai I Komplek Rusunawa (Rumah Susun Sedehana) Kyai Mojo Jobokuto Jepara.

Sebanyak 3 santri yang telah lulus uji kompetensi pada LMY (Lanjah Muroqabah Yanbua) Jepara dengan nilai memuaskan. Hadir dalam kegiatan tersebut para PAIF Kabupaten Jepara, santriwan santriwati dan para dewan guru.

Karena kondisi pandemi, maka haflah ini digelar dengan sederhana. “Alhamdulillah sudah tahun kelima kita adakan haflah untuk membangun rasa cinta pada Al Quran. Sampai saat kini sudah 18 santri yang menjadi mutakharijiin dari 75 santri TPQ Rusunawa,” diungkapkan oleh Zidni Faidah Penyuluh yang ditunjuk menjadi Ketua Yayasan tersebut.

TPQ Rusunawa adalah Lembaga yang menjadi amal usaha Pokjaluh Agama Islam Kab. Jepara yang didirikan sejak tanggal 02 Mei 2015 dengan dukungan LAZIS PLN Tanjung Jati B kerjasama dengan UPT Rusunawa Kyai Mojo. Latar belakang pentingnya Lembaga ini, karena mayoritas penghuni Rusunawa dalam 2 blok sejumlah 180 kk mayoritasnya adalah orang Islam, keluarga muda dan mempunyai anak anak balita, sehingga butuh Lembaga Pendidikan Al Quran.

Melihat kondisi tersebut Pokjaluh Jepara memfasilitasi berdirinya wadah belajar Al Quran yang diasuh oleh tenaga pengajar yang berpengalaman dengan metode Yanbua. Sejak didirikan hingga saat kini santri santri tidak dipungut syahriah sepeser rupiah pun.

Dalam sambutannya, Kuswanto sebagai Kapokjaluh memberikan motivasi kepada para santriwan santriwati untuk tetap semangat belajar Al Qura’n walaupun sudah imtaz tetap melanjutkan pada tingkatan yang lebih tinggi.

“Jadikan Al Quran sebagai pedoman hidup, bacalah sehari hari agar mendapatkan Nur Al Quran dan mendapatkan syafaatnya kelak. Mempunyai anak anak yang rajin belajar Al Quran menjadi nikmat tertinggi bagi kedua orang tuanya. Ke depan semoga TPQ Rusunawa Kyai Mojo semakin maju. Amin,” ucap Kuswanto.(SCM)