UPZ Kemenag Kendal Distribusikan Zakat ASN

Kendal – Melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal mendistribusikan Zakat profesi baik dari gaji maupun tunjangan kinerja kepada masyarakat yang berhak menerima zakat (mustahik) di tiga titik lokasi yang telah dibagi yakni Kecamatan Sokorejo, Kecamatan Rowosari dan Kecamatan Kaliwungu Selatan, Rabu (23/3).

Sebanyak 300 paket sembako disalurkan ke tiga kecamatan tesebut, hadir pada pendistribusian zakat di Kecamatan Sukorejo, Kasubag TU mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kendal menjelaskan bahwa zakat tersebut merupakan bentuk kesadaran ASN yang menyisihkan gajinya sebagai zakat untuk kegiatan sosial.

“Melalui potongan zakat 2,5 persen dari gaji dan tunjangan ASN Kemenag ini memang tidak seberapa, namun insyaAllah kami berupaya dalam pengelolaan dan pendistribusian agar tepat sasaran sehingga dapat dinikmati bersama manfaatnya,” ungkap Maesaroh.

Selanjutnya Maesaroh menyerahkan zakat berupa paket sembako secara simbolis kepada mustahik dan menyampaikan kepada para penerima untuk tidak melihat nominalnya namun dirinya berharap semoga ini bisa sedikit membantu untuk biaya hidup masyarakat penerima zakat.

 “Untuk Kecamatan Sukorejo, kami distribusikan sejumlah 100 paket sembako, selanjutnya kami juga akan medistribusikan untuk kecamatan Rowosari, Kaliwungu Selatan dan lainnya. Kepada para penerima manfaat, kami berharap agar tidak dilihat dari nilainya namun wujud kepedulian dari UPZ Kemenag. Mohon doanya agar kami bisa Istikomah dan amanah dalam menjalankan kewajiban ini. Meskipun nilainya kecil kami berharap bingkisan ini bermanfaat untuk penerima,” ujarnya.

Turut hadir menyaksikan, Camat Sukorejo, Mansyur menyambut baik atas digelarnya acara pentasarufan zakat ASN Kemenag tersebut. Mansyur sangat mengapresiasi kesadaran berzakat ASN di lingkungan Kemenag Kendal sehingga hal ini dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial di tengah masyarakat, dirinya berharap agar paket sembako yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik baiknya. 

“Alhamdulillah kami sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga paket sembako yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan baik,” tuturnya.

Usai dari Sukorejo, tim pendistribusian zakat Kemenag melanjutkan penyaluran zakat di Kecamatan Rowosari dan sambutan baik juga diberikan oleh Camat serta jajaran Forkompincam yang hadir.(shl/bel/rf)