Wisuda BTA MIN 1 Tegal, Kakankemenag Pesankan Pentingnya  Keilmuan Bersanad

Tegal.  Madrasah Ibtidaiyah Negeri /MIN 1 Tegal menyelenggarakan Wisuda Santri  Baca Tulis Al Quran (BTA) ke-17 pada hari Senin (14/03/2022) lalu. Acara yang digelar di halaman madrasah ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kemenag Kab Tegal, Kasi Pendidikan Madrasah, pengawas, Komite Madrasah dan Kepala Desa Slarang  Kidul serta diikuti  oleh seluruh  wali santri,  para guru dan siswa MIN  1 Tegal. Jumlah santri yang diwisuda sebanyak 73 anak.

Kepala MIN 1 Tegal- Hj Alfiyah- dalam sambutannya menjelaskan bahwa BTA merupakan program ekstra kurikuler wajib di Bidang PAI, disamping program wajib lainnya, yakni  pramuka. Target minimal yang ingin dicapai melalui BTA ini siswa MIN 1 Tegal dapat membaca Al Quran dengan baik dan benar, sesuai dengan kadah ilmu tajwid.

“Kami berharap terwujud generasi Qur’ani dimana lulusan MIN 1 Tegal menjadi insan yang bisa membaca Al Quran, memahami serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Target kami, lulusan MIN 1 Tegal setidaknya bisa baca Al Quran, hafal sejumlah surat  dan doa-doa pendek serta bisa memimpin tahlil,” Harapnya.

Kepala Kankemenag Kab Tegal -Akhmad Farkhan- merasa bangga dan bahagia melihat penampilan santri BTA MIN 1 Tegal yang sangat fasih dan lancar dalam menjawab pertanyaan dalam  uji coba langsung  yang dipimpin oleh Ustadz Sekhudin Jafar  selaku Dai Koordinator  Pusat Metode Tilawati  Kab. Tegal. Menurutnya,  program BTA di MIN 1 Tegal sangat penting khususnya dalam membangun tradisi belajar Al Quran secara  bersanad.

“ Program BTA  ini sangat penting dalam mempertahankan  tradisi  belajar agama dengan bersanad/berguru agar tidak keliru/salah tafsir/salah ilmu. Sanad itu bagian dari agama. Mempelajari agama harus melalui perantara guru. Penting bagi kita  memastikan guru tersebut memiliki pemahaman mumpuni dan silsilah keilmuan yang jelas.” Tegasnya

Pada acara wisuda BTA MIN 1 Tegal tersebut terangkai beberapa  kegiatan. Dari mulai demo uji cuba kemampuan siswa atas baca tulis Al Quran sampai dengan, prosesi wisuda, syahadah dan bai’at santri. Dilakukan pula  penyerahan piala dan hadiah kepada wisudawan terbaik serta 14  siswa/siswi MIN 1 Tegal yang telah sukses mengukir prestasi meraih 3 medali emas 1 perak dan 11 medali perunggu di ajang Olimpiade MSC bulan Pebruari lalu. (Najmudin/bd)