Aksi Pemeliharaan dan Pemberdayaan Lingkungan Hidup

Kab. Pekalongan – Pada Sabtu (9/4/2022), lima mahasiswa IAIN Pekalongan yang tengah menempuh KKN di MTsN 2 Pekalongan tampak sibuk menyelesaikan program kegiatannya. Mereka memasang poster-poster di beberapa titik yang tersebar di seluruh lingkungan madrasah mulai dari pintu gerbang hingga ujung belakang. Poster yang dipasang antara lain tentang pentingnya memelihara tanaman, membuang sampah pada tempatnya, hemat air, hingga hemat energi. Kegiatan yang dilakukan kelima mahasiswa tersebut merupakan salah satu dari program KKN Tematik “Pemeliharaan dan Pemberdayaan Lingkungan Hidup” yang telah mereka agendakan.

Dalam keterangannya kepada redaksi, Ketua Tim KKN, M. Zaenun menyatakan bahwa kegiatan yang mereka lakukan hari itu merupakan bentuk kampanye peduli lingkungan hidup. Dengan adanya poster-poster tersebut, diharapkan menjadi sarana pengingat agar seluruh warga madrasah memiliki kepedulian kepada lingkungan.

“Kami berlima tadi berbagi tugas. Ada yang memasang poster merawat tanaman, buang sampah di tempatnya, hemat air serta hemat energi. Poster-poster tersebut kami desain sendiri, kemudian kami pasang di beberapa titik yang strategis yakni di area taman, di dekat lokasi tempat sampah, serta di seluruh ruangan yang terdapat peralatan elektronik serta di lokasi sumber air. Semoga apa yang kami lakukan bisa membawa manfaat bagi terpeliharanya kelestarian lingkungan hidup khususnya di MTsN 2 Pekalongan ini,” jelas mahasiswa semester 8 itu.

Zaenun mencontohkan, poster hemat energi yang mereka pasang berisi kalimat ajakan agar para siswa, guru maupun staf TU selalu ingat untuk mematikan peralatan elektronik yang telah selesai digunakan maupun yang tidak digunakan. Harapannya, akan terbentuk kebiasaan positif menghemat energi listrik.

“Meski hanya mematikan lampu atau kipas angin, kita telah menjadi bagian dari penyelamat bumi. Hal ini dikarenakan, pemanasan global yang telah terjadi di bumi ini, salah satu upaya menanggulanginya adalah dengan menghemat listrik. Upaya lain diantaranya adalah penghijauan. Maka dari itu, kami disini berusaha untuk mengkampanyekannya,” ungkapnya.

Sebelumnya, telah ada beberapa aksi yang mereka lakukan, diantaranya menata tanaman, tempat sampah, hingga membersihkan lingkungan madrasah. Salah satu mahasiswa KKN, Mardhotika Umniyati mengungkapkan bahwa ke depannya, akan ada beberapa kegiatan yang akan digelar serta melibatkan kader adiwiyata madrasah. Diantaranya pelatihan pembuatan kompos serta kerja bakti.

“Dalam waktu dekat, insya Allah pekan depan kami akan mengadakan sosialisasi sekaligus praktik langsung pengomposan. Kegiatan ini nantinya akan melibatkan kader adiwiyata dari unsur peserta didik. Semoga semua yang kami agendakan bisa berjalan lancar.” tutur Mardhotika.

Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat mendukung penuh semua program KKN Tematik yang disusun oleh M.Zaenun dkk tersebut. Imam berharap, dengan kerjasama yang baik antara mahasiswa dan seluruh civitas akademika madrasah, kegiatan peduli lingkungan hidup sesuai tema KKN akan berhasil serta membawa manfaat dan dampak positif bagi madrasah khususnya dan alam sekitar pada umumnya.

“Para mahasiswa ini memiliki program dan inovasi yang baik, mereka juga telah menyampaikan kepada kami selaku pimpinan madrasah. Lalu, kami beri beberapa masukan. Selanjutnya kami dukung sepenuhnya agar KKN sukses dan membawa kebaikan bagi semua pihak.” pungkasnya. (Why/Ant/bd).