Berbagi di Bulan Suci, Memupuk Kepekaaan Hati

Surakarta- MTs N Surakarta 1 yang diwakili kelas 7 Sains 3 mengadakan aksi  Bakti Sosial Ramadhan pada Sabtu (13/04/2022). Pada Kesempatan ini,  sasaran yang dituju adalah  Panti Asuhan Yatim Putri Cabang Kota Barat Surakarta. Alasan penunjukan panti tersebut adalah lokasi panti tersebut berada dekat dengan MTsN Surakarta 1 yaitu di Jalan Sam Ratulangi 34, Joho, Manahan, Surakarta.  Kegiatan Bakti Sosial ini ini diwakili oleh 6 siswa kelas 7 Sains 3  yaitu Travelo, Elang, Kalika, Maghfiroh, Mazaya, dan Sofi yang  bertujuan untuk memupuk rasa kepekaan sosial dan menumbuhkan rasa senang  berbagi pada siswa MTsN Surakarta 1.

Pada Acara Bakti Sosial kali ini Kelas 7 Sains 3  membagikan beberapa perlengkapan yang sangat diperlukan oleh anak-anak panti asuhan  yaitu berupa pakaian pantas pakai. Pakaian pantas pakai ini  yang dikumpulkan dari siswa dibantu orang tua. Selain pakaian pantas pakai keluarga besar kelas 7 Sains 3 juga memberikan shodaqohnya. “Dari infak yang terkumpul kami belanjakan  sembako yang kira- kira bermanfaat untuk keseharian seluruh anak-anak  di Panti Asuhan Yatim Putri  Muhammadiyah Cabang Kota Surakarta, dan sebagian lagi kami wujudkan uang untuk operasional kegiatan harian panti,” ungkap Inayati.

 Melalui aksi Bakti Sosial tersebut diharapkan mampu memupuk rasa kepekaan sosial diantara seluruh siswa kelas 7 Sains 3. “Kegiatan ini bertujuan untuk  memupuk serta menumbuhkan rasa kepekaan sosial terlebih lagi dalam moment di Bulan Ramadhan tahun ini. “Saya sangat bersyukur ternyata seluruh siswa kelas 7 Sains 3 mempunyai rasa empati yang tinggi,  mereka tergerakhatinya untuk membantu sesamanya.  Mereka sangat  antusias dengan dilaksanakannya  kegiatan tersebut. Sebagai wali kelas innayati berterima kasih pada wali murid yang mendukung kegiatan tersebut. “Tak lupa saya ucapkan terima kasih atas dukungan materi pada bapak ibu walimurid yang telah mendukug  terlaksananya kegiatan bakti sosial pada hari ini” jelas Inayati, Walikelas.

Perwakilan siswa kelas 7 sains 3 sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka merasa sngat senang karena mendapt kesempatan untuk berbagi di bulan yang penuh berkah ini. Dengan kegiatan ini dapat menambah rasa syukur pada diri mereka. Mereka merasa lebih beruntung daripada anak-anak yang ada di panti asuhan karena masih memiliki orang tua yang masih lengkap. “Ternyata selama ini saya masih kurang bersyukur dengan kondisi saya sekarang ini. Saya masih punya orang tua yang lengkap, sehat, dan selalu menyayangi saya. Saya membayangkan teman-teman yang ada di panti ini. Meskipun mereka sudah tidak mempunyai orang tua yang lengkap dan tinggal di panti, mereka tetap terlihat bahagia dan bisa menerima keadaan ini, “tutur Elang, Kelas 7 Sains 6

Kedatangan siswa kelas 7 Sain 3 disambut hangat oleh seluruh pengurus serta para pengasuh dan seluruh santri Yatim Putri Aisyah Muhammadiyah. “Kami selaku pengasuh sangat senang dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut”, sambut Saptono, Pengasuh  Asrama. ”Kegiatan ini sebagai ajang latihan anak untuk terjun langsung berbagi kebahagian bersama dengan anak-anak kami,”ungkap Saptono .”Alhamdulillah anak-anak kami juga senang dan bahagia, Semoga kegiatan hari ini bisa berlanjut dengan kegiatan-kegiatan berikutnya,” harap Saptono. Saptono pada kesempatan ini juga menyampaikan Rasa terima kasihnya semoga apa yang telah diberikan menjadi amal jariyah dan berkah semua dan dibalas oleh  Allah SWT lebih dari apa yang telah diberikan. “Semoga keluarga besar MTsN Surakarta 1 dan khususnya keluarga besar kelas 7 Sain 3  senantiasa diberi kesehatan dan kelimphan rizki  dan keberkahan rizki, “tambah Saptono. (Asih/Diana/bd)