Berkolaborasi Dengan Dinkes Kota Magelang, Kemenag Sukseskan Gerakan Sejuta Vaksin Booster

Kota Magelang – Kementerian Agama Kota Magelang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Pemerintah Kota mengadakan vaksin dalam rangka mendukung gerakan sejuta vaksin booster dalam rangka mendukung untuk pencegahan pandemi Covid-19 menjelang mudik lebaran.

Vaksinasi ini digelar di Aula MAN Kota Magelang Jl. Payaman No. 1 Magelang yang pesertanya berasal dari ASN, Guru, Siswa Madrasah, Penyuluh Agama Non PNS, Santri. Majlis Taklim dan KBIHU di wilayah Kota Magelang. (Rabu, 13/4).  

Diacara tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Magelang menandaskan bahwa vaksinasi ini menjadi wujud dukungan upaya pemerintah khususnya dijajaran Kementerian Agama untuk mensukseskan Program Sejuta Vaksin Booster di tengah masyarakat menjelang mudik lebaran Tahun 2022.

“Alhamdulillah Dinas Kesehatan Kota Magelang menyambut baik kerjasama ini sehingga pelaksanaan vaksinasi dapat berjalan dengan lancar. Kita sepakat untuk bersama-sama mendukung secara maksimal program-program pemerintah dalam penanggulangan covid 19, agar masyarakat Kota Magelang selalu sehat,” ujar Sofia Nur.

Gerakan sejuta vaksin booster adalah upaya mengembalikan imunitas dan proteksi klinis yang menurun di populasi yang ditemukan berdasarkan hasil sero survei. Dalam aturan disebutkan bahwa penyuntikan dosis lanjutan bagi lansia dan masyarakat umum dapat diberikan minimal 3 bulan setelah menerima vaksinasi dosis lengkap.

Kepala Kankemenag Kota Magelang menambahkan bahwa pihaknya mengintensifkan kolaborasi dengan Dinas Kesehatan untuk bisa melaksanakan vaksin kepada ASN di ingkungan Kementerian Agama. Sebagai upaya pencegahan dan meminimalisir penyebaran Covid-19, dimana vaksin booster ini menjadi syarat bagi masyarakat yang hendak mudik lebaran ke kampung halaman.

“Semoga dengan gerakan sejuta Vaksin booster Ini menjadi bentuk ihtiar lahir kita semua agar mudik lebaran ditahun ini berjalan dengan aman. Syukurlah para stakeholder di jajaran Kankemenag Kota Magelang merespon positif program ini, sehingga mereka bersemangat hadir untuk di vaksin,” imbuhnya.

Pemerintah telah menargetkan program vaksinasi sebanyak 2 juta orang sehari di tahun 2022. Hal ini direspons Kementerian Agama dengan menyelenggarakan vaksinasi massal di semua level, termasuk dengan menggelar vaksinasi booster. (Hari/rf)