Bina Siswa SMA, PAIF Menjadi Narasumber Pesantren Progresif Ramadhan 1443 H

Banjarnegara – Komitmen SMAN 1 Banjarnegara mengisi pembinaan kegiatan keagamaan di bulan suci Ramadhan kali ini dibuktikan dengan Kerjasama bersama Penyuluh Agama Islam Kabupaten Banjarnegara, seperti salah satu kegiatan hari ini diisi dengan kegiatan Pesantren Progresif Ramadlan SMA Negeri 1 Banjarnegara bersama PAIF Kantor Kemenag Kab. Banjarnegara, Kamis, (21/4/22)

Sudarto, Kepala SMAN 1 Banjarnegara menyampaikan ucapan terima kasih kepada Penyuluh Agama Islam Fungsional beserta rombongan yang berkenan hadir untuk mengisi kegiatan Pesantren Ramadlan di SMAN 1 Banjarnegara, harapannya kegiatan berjalan aman dan lancar serta bermanfaat memberikan pencerahan mampu meningkatkan Iman dan Takwa serta membuat kepribadian para siswa.

Sudarto didampingi oleh para guru pendamping menyampaikan bahwa kegiatan pesantren Ramadlan diikuti 708 siswa muslim kelas X dan XI terdiri dari kelas X 352 siswa dan kelas XI 356 siswa.

“Sebagai informasi kami sampaikan kepada Paif Banjarnegara bahwa kegiatan Pesantren Ramadlan Progresif yang dilaksanakan saat ini diikuti oleh 708 siswa dengan perincian kelas X sejumlah 352 siswa dan kelas XI 356 siswa,” lanjut Sudarto.

Toto Subagyo, Penyuluh Agama Islam Fungsional disela-sela istirahat kegiatan penyampaian materi menyampaikan bahwa pada prinsipnya Kementerian Agama melalui peran Penyuluh Agama memandang siswa-siswi adalah generasi emas penerus harapan bangsa yang harus dipersiapkan secara kuat pengetahuan agama dan mental spiritualnya.

“Pada prinsipnya Kemenag memandang bahwa siswa-siswi adalah generasi emas harapan bangsa yang harus di bekali dengan pengetahuan agama yang cukup serta pembinaan mental spiritual secara berkelanjutan,” tutur Toto Subagyo.

Lebih lanjut Toto menyampaikan bahwa masa sekolah di SMAN 1 Banjarnegara adalah masa untuk memperbaiki diri berbenah dan hidayah menuju kebaikan bisa datang dari manapun dan melalui kegiatan ini diharapkan para siswa semakin berkarakter.

“Pesantren Ramadhan progresif kali ini adalah tempat untuk berbenah memperbaiki diri,” tambahnya

3 Penyuluh Agama Islam Fungsional didampingi 16 Penyuluh Non PNS serta beberapa aktifis ormas Islam hadir dalam kegiatan tersebut guna ikut mengisi sebagai narasumber.

“Terima kasih kepada Kepala Sekolah dan seluruh panitia yang sudah mempersiapkan kegiatan ini dengan baik, dan untuk para siswa agar mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan sungguh-sungguh, karena selain menambah ilmu pengetahuan keislaman juga akan ada game seru berkaitan dengan keagamaan, insya Allah semua pemateri sudah mendapatkan rekomendasi dari kementerian agama. Semoga kegiatan kita dapat berjalan lancar dan mendapatkan pahala, Aamin,” ucap Toto dalam kata sambutannya mewakili rekan-rekan narasumber.

Kegiatan Pesantren Ramadan dilaksanakan di ruang kelas siswa SMAN 1 Banjarnegara disambut antusias oleh para siswa.(WS/Sua)