Cek Progres Renovasi Gedung Kantor,  Kakanwil Minta Pekerjaan Tuntas Tak Tinggalkan Masalah

Tegal.  Di sela-sela kesibukan memonitoring  Siskohat (sistem aplikasi haji terpadu)  serta pelaksanaan Program Sejuta Vaksin Booster di Kantor Kemenag Kabupaten Tegal hari Rabu tanggal 13/04/2022 lalu, Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng, Musta’in Ahmad,  menyempatkan diri mengecek persiapan Renovasi  Gedung Kantor Kemenag Kab Tegal Tahun Anggaran 2022. Kakanwil berdiskusi dengan KPA, PPK, pejabat pengadaan, perencana dan para kasi   serta pengelola DIPA.

Dalam diskusi santai di Gazebo Taman Moderasi Kankemenag Kab Tegal, Kakanwil Kembali mengingatkan  bahwa belanja modal, termasuk pekerjaan renovasi gedung,  harus bisa terserap minial 70 % dari total dipa sampai dengan akhir bulan Juni tahun 2022. Ini perlu kerja serius dari semua lini, mulai KPA, PPK, konsultan perencana dan pengawas serta pengelola dipa. Jika telat, resiko atau sanksinya akan dialihkan ke kabupaten lain yang capaiannya bagus atau membutuhkan.

Beliau juga berpesan bahwa anggaran renovasi gedung di Kemenag sangat terbatas, sementara yang membutuhkan sangat banyak. Oleh karena itu, penting dipertimbangkan  dan diperhitungkan agar anggaran yang ada bisa terealisasi dengan baik dan tuntas serta  tidak meninggalkan masalah.

“ Anggaran renovasi Gedung di Kemenag sangat terbatas. Anggaran yang ada/didapat tahun ini harus dikelola sebaik mungkin agar bisa menyelesaiakan masalah yang prioritas. Jangan sampai ada mangkrak, karena tahun berikutnya belum tentu dapat anggaran lagi, “ pesannya.

Kepala Kankemenag Kab. Tegal- Akhmad Farkhan-  menyatakan siap melaksanakan pesan pak Kanwil.  Ia akan terus berkoordinasi dengan semua pihak yang terkait guna menyukseskan amanat Pak Kakanwil.

“ Hari ini kami baru saja selesai rapat paparan teknis dengan tim teknis dari PUPR , PPK dan konsultan perencana untuk penyelesaian angaran Renovasi Gedung Kemenag Tahun 2022. Insya Allah apa yang dipesankan pak Kakanwil bisa terealisasi,” ujarnya.

Tahun ini kankemenag Kabupaten Tegal mendapatkan alokasi rehab Gedung senilai 1.35 milyar yang terbagi dalam 3 paket kegiatan, yakni renovasi gedung kantor, paving jalan serta pembangunan tempat parkir kendaraan dan pagar . Semoga sukses. Amiin. (Najmudin/bd)