DWP Kemenag Temanggung Ikuti Peringatan Nuzulul Quran Secara Daring

Temanggung – Pengurus Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung mengikuti peringatan Nuzulul Quran secara daring yang dilaksanakan oleh DWP Kementerian Agama RI di ruang sekretariat Dharma Wanita Persatuan, Selasa (19/4).

Dalam peringatan Nuzulul Quran secara daring ini juga sekaligus dilaksanakan Khatam Al-Quran dan tausiah dengan tema “Ramadan dan Al-Quran sebagai madrasah membentuk Akhlak Keluarga” yang disampaikan oleh imam besar Masjid Istiqlal Prof. DR. H. Nazaruddin Umar. Hadir pula penasehat DWP Kemenag RI Hj.Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas dan Ketua DWP Kemenag RI Hj. Farikhah Nizar Ali serta wakil penasehat DWP Kementerian Agama Halimah Zainut Tauhid.

Ketua DWP Kementerian Agama Farikhah Nizar Ali dalam sambutannya mengatakan kegiatan Nuzulul Quran ini merupakan rangkaian dari kegiatan Gebyar Ramadan 1443 H yang mengambil tema “Ramadhan dan Al-Qur’an sebagai madrasah membentuk akhlak keluarga”.
“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari berbagai program yang dilaksanakan pengurus DWP selama bulan Ramadhan. Sebelum ini, DWP sudah melakukan beberapa kegiatan, diantaranya pemberian beasiswa, bantuan sembako, dan lain-lain,” ujarnya.

Selaku penasehat DWP Kementerian Agama RI Hj. Eny Retno Yaqut Cholil Qoumas mengharapkan melalui acara yang dilaksanakan ini dapat mendekatkan diri para anggota DWP pada Al-Quran dan mengajak untuk dapat menyimak tausiah yang disampaikan dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Beliau menyampaikan dalam konteks kekinian, umat Islam perlu menjaga agar Al-Qur’an tetap hadir dan tumbuh dalam kehidupan sehari-hari. Ketika banyak dihadapkan pada ragam tantangan dan rintangan, membaca Al-Qur’an menjadi jalan yang terbaik untuk mendekatkan diri pada sang maha Pencipta, Allah SWT.

“Tradisi mengaji Al-Qur’an telah menjadi bagian dari tradisi di seluruh pelosok nusantara. Kita mengenal beberapa istilah, seperti sema’an, sorogan dan lainnya. Di tempat saya namanya nderes dan di bulan Ramadhan ini kegiatan tadarus Al Qur’an mengalami peningkatan seiring dengan meningkatnya spirit bulan rahmat sebagai julukan dari bulan Ramadhan,” tuturnya.

Sementara dalam tausiahnya  Prof. DR. H. Nazaruddin Umar mengajak para orang tua untuk mengenalkan Al-Quran kepada anak-anak mulai dari awal kehidupan dan kejadiannya,“ libatkanlah Al-Quran dalam setiap proses kehidupan,dari awal proses kejadian hingga pendidikan sehari-hari,” pesannya.(sr/rf)