Evaluasi dan Peningkatan Kualitas Masyarakat Melalui Si-Lobster

Kendal – Tingkatkan Layanan Publik Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melaksanakan Evaluasi dan Peningkatan Kualitas Masyarakat Melalui Akselerasi Layanan Online Berbasisi Komputer (SI-LOBSTER) sebagai bentuk transformasi layanan publik, Kamis (7/4).

Disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus bahwa Si-Lobster ini akan menjadi branding Kemenag Kendal sebagai peningkatan layanan masyarakat yang semula manual / tatap muka langsung kini beralih ke layanan elektronik berbasis online.

“Ini merupakan salah satu dari 7 prioritas program Menteri Agama Republik Indonesia yakni transformasi layanan digital, yang harapan kedepannya kita dapat membangun smart city dengan layanan yang berkualitas dan membahagiakan,” kata Mahrus.

Pemerintahan dibentuk antara lain untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Hal ini bermakna bahwa negara berkewajiban memenuhi kebutuhan setiap warga negara melalui suatu sistem pemerintahan yang mendukung terciptanya penyelenggaraan pelayanan publik yang prima dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar dan hak sipil setiap warga negara. Pelayanan publik merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan sesuai peraturan perundang-undangan. Karena itu, pemerintah dituntut siap untuk menanggapi harapan masyarakat dan tantangan global yang dipicu oleh perubahan dan kemajuan terutama di bidang teknologi.

“Dunia telah berubah dimana aktivitas dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Budaya digital menjawab tantangan dan memberi peluang segala persoalan hidup, maka seharusnya disikapi dengan pemanfaatan teknologi yang bijak dan etika bermedia sosial yang menunjukkan karakter di dunia nyata,” imbuh Mahrus.

Melalui Akselerasi Layanan Online Berbasisi Komputer (SI-LOBSTER) yang kini semakin dikembangkan untuk bisa mencakup semua layanan yang ada di Kementerian Agama Kabupaten Kendal, menjadi jawaban pengguna layanan yang semakin smart dan well informed sehingga menuntut lebih atas layanan publik yang diterima atau dirasakannya.

Diakhir sesi Ali Mustajab, sebagai pengembang aplikasi sekaligus programer memperlihatkan tampilan baru Si-Lobster dan menunjukkan cara pelayanan menggunakan aplikasi tersebut. Dirinya menyatakan bahwa kedepannya Si-Lobster akan terkoneksi dengan aplikasi yang sudah ada di masing masing seksi.

“Tentunya dengan koordinasi dari tiap seksi insyaAllah kami siap menyingkronkan kebutuhan pelayanan dari masing-masing seksi, ibarat rumah Si-Lobaster ini menjadi pusat layanan Kemenag Kendal yang dilengkapi kamar-kamar sebagai layanan masing-masing seksi dan bisa bersifat dinamis sesuai perkembangan,” jelas Ali Mustajab.

Kegiatan ini sebagai langkah memperkuat pembangunan Zona Integritas pada Kan Kemenag Kendal yang dihadiri oleh Kasubag TU, para Kasi dan Penyelenggara, perwakilan ASN, KUA, Kepala Madrasah Negeri, FKPP dan FKDT. (bel/rf)