Istighotsah Hingga Tausiyah

Kab. Pekalongan – Ramadhan adalah bulan suci bagi umat Islam. Kedatangannya dinanti-nanti tiap tahun. Berpuasa dan memperbanyak ibadah menjadi jalan meraih rahmat Nya. Begitupun dengan MTsN 2 Pekalongan. Seluruh warganya bergembira menyambut Ramadhan. Beberapa kegiatan telah diagendakan untuk menyemarakkan bulan penuh berkah ini. Salah satunya adalah Kegiatan Ramadhan Berkah Pembinaan Iman dan Taqwa. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa mulai dari kelas 7, 8 dan 9. Karena keberangkatan siswa masih 50%, maka  dilaksanakan secara bertahap dan terjadwal untuk tiap tingkatan kelas. Kegiatan ini akan berlangsung selama siswa berangkat dalam bulan Ramadhan yakni mulai tanggal 5 hingga 23 April 2022. Untuk pembimbing kegiatan sendiri merupakan para guru yang mengampu mapel Agama. Kamis, 7 April 2022.

Dalam keterangannya, Hj.Tuti Susilawati, M.Pd.I selaku waka kurikulum menjelaskan bahwa setiap harinya selama hari keberangkatan siswa, kegiatan dilaksanakan pada pagi hari di jam ke 1-2 yakni pukul 7.30 hingga 8.30 WIB.

 “Kami berharap, dengan adanya kegiatan ini para siswa akan semakin meningkat semangatnya dalam menuntut ilmu dan beribadah. Semoga pula, bisa menjadi momentum awal perbaikan sekaligus peningkatan kualitas diri mereka sebagai pelajar muslim yang harus punya pondasi kuat dalam hal akidah, iman, ilmu serta akhlak yang baik,” tuturnya.

Pada hari pertama, Selasa (5/4/2022), bertindak sebagai pembimbing adalah Abdul Djamil, S.Ag. Ia memberikan motivasi kepada peserta kegiatan hari itu, para siswa kelas 9 untuk bersiap menempuh rangkaian ujian madrasah. Selain itu, guru pengampu mapel SKI itu juga memandu siswa bersama-sama melantunkan Asmaul Husna serta doa Istighotsah. Bertempat di ruang kelas 8C dan 8D, semua peserta pun secara khusyuk membaca dan menghayati setiap doa yang mereka lafalkan.

Sementara itu, pada hari kedua, Rabu (6/4/2022), masih di tempat yang sama, kegiatan diikuti oleh siswa kelas 8 kelompok 1 dari kelas 8A hingga 8G. Semua siswa antusias menyimak tausiyah yang disampaikan oleh H. Supriyanto, S.Pd selaku pengisi materi pada hari itu. Ia menekankan kepada para siswa pentingnya meningkatkan kualitas diri sebagai seorang muslim. Selain itu, ia juga mengingatkan agar rasa syukur kepada Allah harus selalu dijaga, dan diimplementasikan dalam kehidupan sebagai seorang pelajar yakni dengan cara rajin belajar, patuh kepada orang tua dan guru sehingga kelak akan dimudahkan jalan dalam meraih cita-cita.

Sementara itu, hari ketiga, Kamis (7/4/2022), kegiatan dipusatkan di mushola madrasah dengan peserta seluruh siswa kelas 7A hingga 7H. Mereka semua dibimbing oleh Aela Nafisah, S.Pd.I untuk tadarus Al Quran. Bersama-sama, dengan khidmat surat-surat yang ada pada juz 30 mereka baca. Setelah itu, ada tausiyah dari pembimbing kegiatan. guru mapel SKI itu menyampaikan tentang keutamaan berbakti kepada orang tua. Ia mengajak para peserta untuk merenungkan betapa banyak kebaikan orang tua kepada kita. Maka wajib bagi kita untuk mendoakan serta memuliakannya. Semua pesertapun menyimak dengan sungguh-sungguh setiap materi yang disampaikan.

Salah satu peserta dari kelas 7B, Najwa Aulia mengaku senang dengan adanya kegiatan Ramadhan Berkah.

“Alhamdulillah, saya senang sekali karena bisa tadarus bersama teman-teman. Selain itu, materi yang disampaikan juga menarik. Kami tadi diingatkan tentang kewajiban dalam mendoakan orang tua. Tidak boleh menyakiti hati bapak dan ibu, harus patuh dan membantu meringankan pekerjaan rumah sebagai salah satu wujud bakti kita.” ungkapnya.

Kegiatan Ramadhan Berkah 3 hari pertama ini mendapat apresiasi dari Kepala MTsN 2 Pekalongan. Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat kepada redaksi menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat terutama sebagai sarana peningkatan keimanan dan ketakwaan peserta didik. Hal ini sangat sesuai dengan yang diamanatkan oleh Kementerian Agama bahwasanya kegiatan pembelajaran di bulan Ramadhan diarahkan kepada pembentukan karakter spiritual. Walaupun hanya dilaksanakan di pagi hari selama 2 jam pelajaran, ia tetap berharap kegiatan itu akan memberikan manfaat serta dampak positif bagi para siswa. “Untuk anak-anakku kelas 7, 8 dan 9 ikutilah dengan penuh semangat serta ambillah manfaat sebanyak-banyaknya melalui kegiatan ini. Semoga bisa menjadi catatan amal ibadah di bulan Ramadhan 1443 H. Amin.” pesan Imam Sayekti (Why/Ant/bd).