KEGIATAN PENINGKATAN MODERASI BERAGAMA PADA PENYULUH AGAMA HINDU JAWA TENGAH

Surakarta (Bimas Hindu) – Dalam rangka meningkatkan moderasi beragama pada penyuluh agama Hindu di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Bimas Hindu menyelenggarakan kegiatan pembinaan penyuluh agama Hindu dengan tema “Bersama Kemenag Jateng Majeng, Tingkatkan Toleransi, Kuatkan Moderasi Beragama Penyuluh Agama Hindu” yang diselenggarakan pada tanggal 7 – 8 April 2022 di Hotel Loji, Kota Surakarta.

Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah H. Musta’in Ahmad membuka secara resmi kegiatan “Peningkatan Moderasi Beragama Pada Penyuluh Agama Hindu”, pada kesempatan tersebut H. Musta’in Ahmad menyampaikan pentingnya Moderasi beragama, “Jika jika ingin merumuskan dengan kalimat yang bisa mewakili semua segenap bangsa Indonesia dari sabang sampai merauke yaitu Pancasila” tegas H. Musta’in Ahmad
Selanjutnya menghimbau agar penyuluh tetap semangat dan tidak kenal lelah dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagi bagian dari Aparatur Sipil Negara sebagai pelayan umat.

Narasumber pada kegiatan tersebut antara lain, Anak Agung Ketut Darmaja (Ketua PHDI Provinsi Jawa Tengah), Taslim Syahlan (Ketua FKUB Provinsi Jawa Tengah), Putu Budiadnya (Ketua STHD Klaten), Trimo (Direktur Urusan Agama RI) dan ditutup oleh Wahid Arbani (Kabag TU Kanwil Kemenag Jateng). Dalam Paparannya, Trimo menyampaikan kepada para penyuluh tentang moderasi beragama dan bagaimana peran penyuluh dalam menjawab segala kendala umat Hindu di wilayah binaan masing-masing, serta tetap menjaga semangat yang ada dalam melakukan pelayanan kepada umat. (ES/Sua)