Kemenag Kendal Serahkan 72 Sertifikat PPG Tahun 2021

Kendal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal melalui Seksi Pendididkan Madrasah melaksanakan penyerahan sertifikat pendidikan lulusan PPG tahun 2021 sejumlah 72 guru di aula Kantor setempat, Senin (11/4).

Pendidikan Profesi Guru adalah pendidikan tinggi setelah program pendidikan sarjana yang mempersiapkan peserta didik untuk memiliki pekerjaan dengan persyaratan keahlian khusus dalam menjadi guru. Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Pendidikan Profesi Guru. Melalui program ini, pemerintah berupaya untuk menghasilkan tenaga pendidik (guru) yang profesional, unggul dan dapat menghadapi tantangan zaman.

Disampaikan Ka Kan Kemenag Kendal, Mahrus saat memberikan pembinaan bahwa melalui pendidikan, segala perubahan menuju perbaikan menjadi sesuatu yang mungkin. Namun wajah pendidikan di Indonesia masih perlu perbaikan di segala sisi, salah satunya melalui peningkatan SDM tenaga pendidik.

“Guru harus menyadari perlunya peningkatan SDM dan menerapkan KIS yaitu Keratif, Inspiratif dan Solutif. Kreatif artinya guru dituntut bisa masuk ke pola pikir anak jaman sekarang, sehingga apa yang ada di madrasah dikreasikan mengikuti jamannya,” terang Mahrus.

Sedangakan Inspiratif adalah guru yang tidak monoton dalam mengajar, memiliki inspirasi dan imajinasi yang bagus sehingga dapat membengun ekspektasi ke depan yang lebih bagus. Dan yang terakhir adalah solutif, dimana guru harus bisa menjawab setiap pertanyaan dan memberikan jalan keluar ketika anak didiknya mengalami persoalan.

“Hal terpenting ketika sudah menerima sertifikat PPG adalah implementasi apa yang sudah didapatkan selama menjalani pendidikan agar diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas,” imbuh Ka Kan Kemenag Mahrus.

Penyerahan sertifikat secara langsung diserahkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kendal didampingi Kepala Seksi Pendidikan Madrasah. Muhamad Muslikhan, Kasi Penmad mengucapkan selamat kepada 72 guru yang telah menerima sertifikat dan mengingatkan kembali akan pentingnya meningkatkan kompetensi guru demi kualitas pendidikan yang lebih baik.

“Kompetensi guru pendidikan perlu ditingkatkan melalui upgrade pembelajaran, kami juga sudah melaunching aplikasi SEMAKIN PINTAR sebagai bentuk transformasi layanan umat yang menyediakan modul modul pembelajaran,” ujar Muslikhan. (bel/rf)