Khotmil Quran Wujudkan Kendal Semakin Religius

Kendal – Nuzulul Quran merupakan peristiwa malam turunnya Alquran, peristiwa ini merupakan peristiwa yang penting bagi umat Islam di seluruh dunia. Nuzulul Quran adalah peristiwa di mana Allah menurunkan ayat Alquran secara utuh dari Lauhul Mahfud di langit ketujuh ke Baitul Izzah atau langit dunia. Allah memberikan wahyu tersebut kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Peringatan Nuzulul Quran jatuh setiap tanggal 17 Ramadhan dan pada Ramadhan 1443 H ini Nuzulul Quran diperingati pada Senin, 18 April 2022.

Turunnya Alquran di bulan Ramadhan atau Nuzulul Quran tidak sekadar momentum untuk membaca kitab suci Al Quran. Lebih dari itu, Nuzulul Quran selayaknya diamalkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai pegangan hidup setiap muslim. Hal ini disampaikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal, Mahrus saat menghadiri acara Khotmil Quran bersama Pemkab Kendal, Senin (18/4) di Pendopo Tumenggung Bahurekso.

“Peringatan Nuzulul Quran tidak hanya sekedar momentum tapi untuk memahami nilai-nilai Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sebagai seorang hamba, Alhamdulillah selama dua pekan Pemerintah Kabupaten Kendal melaksanakan tadarus Al Quran dan tepat pada peringatan Nuzulul Quran kita bisa Khatam Al Quran 30 juz,” terang Mahrus.

Tadarus Al Quran One Day One Juz merupakan program Pemerintah Kabupaten Kendal di bulan Ramadhan dengan menggerakkan seluruh ASN di lingkungan Pemkab, OPD, hingga di tingkat Kecamatan dan Desa untuk bersama melaksanakan Tadarus Al-Quran. Kegiatan dilaksanakan secara langsung di Pendopo Kabupaten dan Rumah Dinas Bupati secara bergantian dengan disiarkan juga melalui daring.

Dengan acara Khotmil Quran ini tidak berarti rutinitas kita membaca Al Quran sejak awal Ramadhan berakhir, namun kita masih bisa meneruskannya bahkan hingga Ramadhan berganti pun sebaiknya kita bisa melaksanakan tadarus Al Quran disela sela kesibukan yang dijalani.

Bupati Kendal yang dalam kesempatan ini diwakili oleh Pj. Sekda, Sugiyono menyampaikan terimakasih atas kerjasama seluruh pihak yang berkontribusi menyukseskan Tadarus Al Quran One Day One Juz sebagai upaya meningkatkan indeks religiusitas masyarakat Kendal.

“Saya ucapkan terima kasih atas kehadirannya baik secara langsung maupun yang mengikuti secara daring, semoga tahun berikutnya kita masih diberi kesempatan untuk bisa melaksanakan safari Ramadhan, harapannya semoga kegiatan ini bisa menjadikan Kendal yang semakin religius,” tuturnya. (bel/rf)