Maknai Nuzulul Qur’an dan Hari Kartini dengan Khotmil Qur’an

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – MIN 1 Kendal sebagai Madrasah Berkeunggulan Tahfidz menggelar Khotmil Qur’an bil Ghaib dalam rangka memperingati Nuzulul Qur’an 1443 H dan Hari Kartini 2022, Selasa (16/4). Kegiatan yang diikuti oleh 50% dari siswa Kelas 1 – 5 ini berlangsung hikmat dan disiarkan secara langsung melalui channel Youtube MIN 1 Kendal.

Kepala MIN 1 Kendal, Subiyono mengajak kepada seluruh siswa untuk memaknai Nuzul Qur’an ini dengan mengikuti secara seksama Khotmil Qur’an   yang dibawakan oleh Tim Tahfidz MIN 1 Kendal.

“Saat Khotmil Qur’an berlangsung maka ada 60.000 malaikat yang turun dan mendoakan kita. Oleh karena itu, dengarkan, rasakan, dan ikuti dengan seksama, sehingga nantinya Allah menyanyangi kita dengan Al-Qur’an,” pungkasnya.

Selanjutnya, mengenai peringatan Hari Kartini, Subiyono mengenalkan kepada siswa bahwa RA Kartini adalah seorang bocah umur 13 tahun yang sudah belajar mengaji kepada Kiai Sholeh Darat.

“Contohlah Kartini, dalam belajar mengaji Al-Qur’an. Di usia yang masih belia, sempat mengusulkan kepada Kiai Sholeh Darat agar menafsirkan Al-Qur’an dalam Bahasa Jawa. Akhirnya, terbitlah Tafsîr Faidh ar-Rahmân, yang merupakan kitab tafsir pertama berbahasa Jawa yang ditulis oleh Kiai Sholeh Darat Semarang atas usul Kartini.”

Sementara Moh. Nur Ikhsan, Koordinator Bidang Keagamaan yang sekaligus sebagai ketua panitia kegiatan ini, merasa bersyukur karena acara berjalan lancar dan sukses.

“Alhamdulillah anak-anak tadi pagi sangat kondusif mengikuti Khotmil Qur’an. Semoga anak-anak bisa mengingat peristiwa agung turunnya Al-Qur’an ini.  Motivasi belajarnya semakin meningkat, dan cintanya pada  Al Qur’an semakin kuat dengan cara belajar membaca Al Qur’an kepada ustadz/guru ngaji yang bersanad sambung sampai Rasul Saw,” pungkasnya.

“Terima kasih kami haturkan kepada seluruh warga MIN 1 Kendal yang telah berkontribusi baik secara langsung atau tidak langsung pada acara Peringatan  Nuzulul Qur’an dan Hari Kartini, sehingga berjalan dengan tertib dan lancar,” tambahnya. (sby/bel/rf)