“Memantaskan Diri Menunggu Kehadiranmu” Penyuluhan Pernikahan Untuk Remaja

Untuk menyemarakkan bulan Ramadhan Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Mojolaban mengadakan kegiatan penyuluhan pernikahan untuk remaja. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Senin, 11 April 2022 pukul 16.30 sampai Maghrib bertempat di masjid Al-Huda dusun Nglayang desa Klumprit kecamatan Mojolaban Sukoharjo.

Peserta yang hadir adalah remaja masjid, ustadz ustadzah TPQ dan karang taruna se desa Klumprit. Mulyadi selaku takmir masjid Al Huda menyambut baik diadakannya kegiatan ini.

“Kami selaku takmir masjid mengucapkan terimakasih kepada bapak ibu Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Mojolaban atas terselenggaranya kegiatan penyuluhan pernikahan untuk remaja. Semoga ke depan para remaja masjid bisa lebih semangat dalam menjalankan kegiatan syiar keislaman di desa kami,” kata Mulyadi.

Bertindak selaku narasumber kegiatan Kepala KUA Kecamatan Mojolaban, H. Suparno, SHI, M.Ag. Materi penyuluhan yang disampaikan mengenai dasar dasar pernikahan dalam Islam: fikih munakahat, regulasi masalah pernikahan, dan motivasi untuk menyiapkan diri sebelum menikah.

“Adik-adik harus menyiapkan diri sebelum menikah, jangan sampai menikah dini belum cukup umur, karena menikah itu harus siap secara mental dan spiritual agar keluarga yang dibangun bahagia sakinah mawadah warahmah,” himbau Suparno.

Maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk meminimalisir maraknya kasus pernikahan dini, pernikahan belum mencapai umur. Selain itu juga untuk membekali para remaja agar tidak terjerumus dalam pergaulan bebas yang menjerumus pada perzinaan yang banyak menyebabkan kasus pernikahan dini.

Slamet Widodo dalam sambutannya mewakili Paif KUA Mojolaban menyampaikan ungkapan terimakasih atas kerjasama Penyuluh Agama Islam dengan takmir masjid dan remaja desa klumprit. Kegiatan penyuluhan berakhir menjelang Maghrib dilanjutkan kegiatan buka bersama dan shalat Magrib berjamaah.

Sundari selaku koordinator penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Mojolaban menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan Ramadhan penyuluh yang dilaksanakan bekerjasama dengan takmir masjid di wilayah kecamatan Mojolaban.(Sundari/Sua)