Membentuk Generasi Pecinta Al Quran

Temanggung – Guna menguji kualitas hafalan Al Quran, LPQ Sabilul Ilmi MI Negeri 1 Temanggung mengadakan kegiatan Imtihan Tahfidz Juz 30. Mengambil tema “Membentuk Generasi Pecinta Al Quran” kegiatan dilaksanakan bertepatan 23 Ramadhan 1443 H, Senin (25/04).  

Dalam sambutanya Kepala Madrasah, Muh Junaidi, mengucapkan syukur tiada terkira dan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras demi terlaksananya kegiatan ini. Hadir dalam kegiatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Temanggung sekaligus penguji, H. Ahmad Muhdzir dan Miftahul Hadi, pengawas pendidikan madrasah Kecamatan Temanggung.

Dalam sambutanya H. Ahmad Muhdzir  merasa bangga dengan semangat anak-anak dalam belajar Al Quran. Beliau juga bersyukur di MI Negeri 1 Temanggung ada LPQ yang khusus pembelajaran Al Quran sehingga anak-anak di madrasah selain mendapatkan ilmu dari madrasah juga mendapat ilmu belajar Al Quran.

Dikatakan seorang generasi Qurani harus menjadikan Al Quran sebagai pembimbing akal pikirannya. Mereka yang senantiasa ingat kepada Allah akalnya akan dibimbing Allah kepada kebaikan. Jika pikiran sudah dibimbing Allah, pikirannya akan lurus. Akalnya akan mengagungkan dan membesarkan Allah SWT. 

ÔÇťOrang-orang yang berilmu makin tinggi ilmunya, semakin mantap keimanannya karena dibimbing oleh akal yang lurus,” ungkapnya.

Selanjutnya Ahmad Muhdzir mengungkapkan bahwa generasi yang mengenal Al Quran maka kesuksesan yang didapatnya, sebaliknya generasi yang tidak mengenal Al Quran adalah generasi yang jauh dari kesuksesan. Maksud dari kesuksesan disini adalah sukses dunia akhirat.

Lebih lanjut kepala kantor juga berpesan untuk semua pengampu LPQ tetap semangat mendidik santri-santrinya sehingga tercipta generasi generasi pecinta Al Quran. Sementara dalam kesempatan yang sama Miftakhul Hadi  berpesan untuk semua santri tetap semangat dalam belajar Al Quran. Dalam Imtihan angkatan 1 ini diikuti oleh 36 peserta yang terdiri dari 17 santri dari kelas 6 dan 19 santri dari kelas 2 sampai dengan 5.

Pada kegiatan ini, selain Imtihan Juz 30 juga ada beberapa santri yang berbeda Juz diantaranya santri atas nama Chilya Ainul Jamilah imtihan Juz 30 dan 29, M. Helmi Al Hakim Imtihan juz 30 dan juz 1 serta Risa Hadya Husna Imtihan Juz 30, 29 dan Juz 1. Selaku Ketua LPQ, Paryani mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah mendukung kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan lancar dari awal sampai akhir.(sr/rf)