Pembekalan Tim Supervisi Pembelajaran MIN 1 Kendal

Kendal –  Guna menjamin mutu pengelolaan pembelajaran pada MIN 1 Kendal, Kepala Madrasah mulai memberikan pembekalan kepada Tim Supervisi Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022, Sabtu (16/4).

Hadir dalam kegiatan ini, Mustofa selaku Korbid Kurikulum, Arni Nuria selaku Korbid Kesiswaan, Nur Fuadi selaku Korbid Kepegawaian, dan Asih Hijriyati selaku Korlas Kelas VI. Keempat dari mereka adalah Tim Supervisi Pembelajaran MIN 1 Kendal Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 yang akan melaksanakan tugas supervisi mulai 18 – 26 April 2022.

Dalam paparannya, Subiyono, Kepala MIN 1 Kendal mengajak kepada Tim Supervisi untuk memanfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya.

“Moment supervisi pembelajaran ini harus digunakan sepenuhnya untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Supervisor bisa memulai dengan pertemuan awal menjelaskan instrument yang akan digunakan, melaksanakan kunjungan kelas, dan melakukan petemuan balikan terhadap guru yang disupervisi,” jelasnya.

Dengan Langkah ini, tegas Subiyono, guru sedikit demi sedikit akan tahu kekurangan dan kelebihan dalam merencanakan, melaksanakan, dan melaksanakan penilaian pembelajaran. Sementara supervisor memposisikan dirinya sebagi mitra yang akan membantu pelaksanakan pembelajaran di kelas bagi guru yang disupervisi.

Merespon apa yang disampaikan Kepala Madrasah, Mustofa selaku Korbid Kurikulum menyambut baik pelaksanaan supervisi pembelajaran di semester genap ini.  Dirinya akan menyiapkan instrument supervisi sesuai dengan juknis yang dilengkapi dengan indikator capaian dari masing-masing aspek supervisi.

“Pada instrument supervisi, dari aspek yang diamati sudah saya berikan penjelasan mengenai apa yang diinginkan dari aspek itu. Misalnya, aspek   Guru melaksanakan pembelajaran dengan mengitegrasikan kecakapan abad 21. Maka, indikator Kegiatan Pembelajaran abad 21 sudah dijelaskan pada kolom penjelasan/keterangan. Yakni, Pembelajaran Abad 21 setidaknya memuat (4C): Comunication, Colaboration, Criticel Thingking and Problem Solving, Creatif and Inovatif.” Ungkapnya. (sby/bel/rf)