Penyuluh Agama Islam Berkarya, Warga Dusun Kolotoko Berdaya

Wonogiri – Dusun Kolotoko merupakan sebuah dusun yang berada di puncak perbukitan yang membentang di sepanjang pinggiran Waduk Gajah Mungkur, tepatnya disisi sebelah barat. Berada di wilayah Desa Sendang, Kecamatan Wonogiri, dusun tersebut menjadi salah satu dusun yang bisa dibilang terpencil. Hal tersebut dikarenakan oleh jalan masuk ke dusun yang harus menempuh perjalanan yang cukup memacu adrenalin siapapun yang melewatinya.

Selain jalan cor blok serta aspal yang sudah mulai rusak, tanjakan dan turunan yang curam menjadi tantangan tersendiri bagi siapapun yang akan masuk ke dusun tersebut. Namun semua tantangan tersebut juga diimbangi oleh pemandangan Waduk Gajah Mungkur yang sangat indah, terlihat di sisi sebelah kiri jalan masuk menuju Dusun Kolotoko yang dihuni oleh 20 KK tersebut.

Kondisi masyarakat Dusun Kolotoko yang mayoritas penduduknya petani lahan kering, membuat tingkat ekonominya termasuk kelas ekonomi menengah kebawah. Hal tersebut menjadi dasar pertimbangan bagi Kelompok Kerja Penyuluh Agama Islam Kabupaten Wonogiri untuk menyelenggarakan kegiatan bhakti sosial dengan tema “ Penyuluh Agama Islam Wonogiri bergerak nyambut gawe, manfaat dunya akherate”.

Kegiatan pemberdayaan yang dibiayai dengan dana swadaya penyuluh serta donasi dari UPZ Kemenag Kab. Wonogiri ini merupakan kegiatan jangka panjang, yang dibuka dengan acara pembukaan yang dilakukan pada 29 Desember 2021 dan dibuka secara resmi oleh Plt. Kakankemenag Kab. Wonogiri, Bp. H. Haryadi, S.Ag dan dihadiri oleh Kepala Bimas Islam Kemenag Kab. Wonogiri, Kepala Desa Sendang, Perwakilan Camat Wonogiri, seluruh Penyuluh Agama Islam Fungsional se-Kab. Wonogiri, seluruh Penyuluh Non PNS Kec. Wonogiri dan seluruh warga masyarakat Dusun Kolotoko.

Pada acara tersebut diserahkan bantuan 3 ekor kambing betina kepada warga Dusun Kolotoko untuk digulirkan. Selain itu, diserahkan juga 20 paket sembako dari UPZ Kemenag Kab. Wonogiri kepada warga Dusun Kolotoko. Drs. Munawir, Ketua Pokjaluh Wonogiri menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan pemberdayaan ini adalah untuk memberikan penguatan terhadap warga Dusun Kolotoko yaitu di bidang ekonomi dan bidang keagamaan. Tidak hanya berhenti pada penyerahan bantuan kambing dan sembako, Pokjaluh Wonogiri merencanakan untuk mengadakan kegiatan penyuluhan pada masyarakat secara berkala.(SCM/Sua)