Peringati Hari Kartini, ASN Kemenag Dokumentasikan Karya Monograf ke Dispuspa

Kota Mungkid – Erni Triani, Pengawas Pendidikan Madya pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang mendokumentasikan karya Monograf ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan kabupaten Magelang. Pendokumentasian karya diterima langsung oleh Kepala Dispuspa, Bela Pinarsi, Kamis, (21/04/2022).

Monograf berjudul Representasi Perempuan dalam Novel Tiga Orang Perempuan merupakan reduksi dari tesis S2-nya di Universitas Gadjah Mada, diterbitkan oleh Yayasan Lembaga Guru Maju untuk Nusantara Indonesia (YLGI).dengan ISBN nomor:  786239 730178.

Erni Triani menyampaikan, pendokumentasian karya bertepatan dengan Hari Kartini, sebagai perwujudan aktualisasi perempuan era kini, meneladani semangat dan gagasan RA. Kartini.

“Monograf ini kembali menggugah semangat emansipasi yang digaungkan oleh Kartini. Semangat perempuan untuk meningkatkan potensi diri agar dapat berkiprah di ruang publik,” kata Erni.

Dalam monograf tersebut, Erni menjelaskan bagaimana citra perempuan digambarkan dalam karya sastra.  Novel yang dikaji adalah novel yang di dalamnya ada isu bias gender. Akibatnya, perempuan berada pada second class dan marjinal.

Citra perempuan digambarkan dalam tiga tokoh novel, yaitu seorang nenek, ibu, dan anak perempuan.  Monograf ini berupaya memberikan pemahaman mengenai pentingnya sadar gender baik bagi laki-laki maupun perempuan. Selain itu diharapkan memberikan implikasi pada realita kehidupan yang teknisnya berawal dari fakta literer atau fakta dalam cerita.

Melalui monograf tersebut, Erni berharap dapat memberikan implikasi pada realita kehidupan yang teknisnya berawal dari fakta literer atau fakta dalam cerita.

“Bagaimanapun juga, ide penciptaan karya sastra bersumber dari kehidupan nyata. Simbiosis keduanya akan menghasilkan pesan, baik pesan moral, sosial, pendidikan, relegius, maupun adat istiadat tertentu yang berguna bagi pembaca,” kata Erni.

Erni menyampaikan selama ini sudah terjalin kerjasama dengan Kegiatan ini bertujuan untuk mendokumentasikan karya warga Kementerian Agama Kabupaten Magelang sebagai bentuk komitmen kerja sama yang telah dijalin dengan baik selama ini. Komitmen. Perlu diketahui juga bahwa pada tahun 2021 lalu, beberapa guru MAN 1 Magelang juga telah mendokumentasikan buku karya mereka di Dispuspa.  Adapun buku yang telah didokumentasikan ada beberapa judul, antara lain: Antologi puisi berjudul Tasbih Alam Semesta, Antologi Puisi berjudul Meraih Kasih-Mu, dan monograf Representasi Perempuan dalam Novel Tiga Orang Perempuan.(m45k/Sua)