Positive Thinking, Positive Feeling, Insyaallah Positive Speaking

Surakarta (Humas) – Kemajuan zaman menuntut manusia untuk dapat meningkatkan kemampuan untuk berbicara di depan orang banyak. Selaras dengan hal tersebut, rangkaian Bimbingan Teknis (Bimtek) Keprotokolan dan Kehumasan pada Kanwil Kemenag Prov. Jateng Tahun 2022 menghadirkan Sasmiati Satya Widyastuti sebagai narasumber terkait Teknik Public Speaking dan Pembawa Acara Profesional pada Kamis (21/4).

Sasmiati selaku Direktur SAS Centre Magelang ini akrab disapa sebagai Bunda Sas oleh para anak didiknya. Tahun 2016 lembaga pendidikan kursus dan pelatihan SAS Centre didirikan. Bertempat di Magelang, SAS Centre telah terakreditasi dan banyak mencetak lulusan yang berbobot dan prestasi.

Menurut Bunda Sas ada 3V penentu keberhasilan public speaking, yakni verbal, visual dan voice.

Public speaking yang efektif dan efisien di tentukan oleh 3V. Yang pertama yakni verbal, pilihan kata-kata atau kalimat yang digunakan haruslah sesuai dengan konteks acara yang sedang kita bawakan. Visual bagian dari body language yakni ekspresi wajah serta bahasa tubuh yang kita tampilkan, tetap santun dan selaras dengan konteks acaranya,” tutur Bunda Sas.

“Yang terakhir yakni voice tone. Intonasi suara serta cara mengucapkan kata-kata juga akan mempengaruhi public speaking kita. Suara yang bulat akan mencuri perhatian ketika kita menjadi pembawa acara dalam kegiatan formal kepemerintahan. Suara yang bulat dapat dilatih,” pungkasnya.

Bunda Sas juga menyampaikan bahwa Master of Ceremony (MC) yang hebat adalah sesorang yang menguasai materi, memahami tempat dan memiliki kemampuan berinteraksi dengan audiens.

“Menguasai materi acara adalah keharusan bagi seorang MC. Selain itu memahami latar belakang audience dan memiliki selera humor jadi nilai plus. Sebab MC yang hebat adalah mereka yang mampu memikat audiens dengan penuh percaya diri, dan dapat membawakan acara dengan lancara serta berkesan,” pungkasnya.

Pada akhir sesi, Bunda Sas juga mengajari bagaimana gestur tubuh yang baik ketika menjadi pembawa acara baik formal, semi formal, serta nonformal.

“Positive Thinking, Positive Feeling, Insyaallah Positive Speaking,” tutur Bunda Sas mengakhiri sesi.

Bimtek yang bertempat di The Sunan Hotel Solo ini merupakan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Kanwil Kemenag Prov. Jateng terkait keprotokolan dan kehumasan. Diharapkan sesi public speaking dapat meningkatkan kepercayaan diri serta kualitas diri para peserta. (ps/rf).