Puja Mandala Digelar Pada Bulan Uposatha di Candi Borobudur

Kota Mungkid – Asosiasi Perguruan Tinggi Agama Buddha Indonesia (APTABI), Penyelenggara Bimas Buddha Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Magelang, Association Buddhist Tour Operator (ABTO) dan Ditjen Bimas Buddha Kemenag RI selenggarakan giat wisata religi berupa Puja Mandala yang dilaksanakan pada hari Sabtu, (02/04/2022).

Giat wisata religi Puja Mandala akan dilaksanakan setiap Uposatha (bulan purnama dan bulan gelap). Kegiatan Puja Manggala bersifat terbuka untuk seluruh umat Buddha. Puja Mandala dilaksanakan di pelataran Candi Borobudur. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan pembacaan doa, pradaksina (mengelilingi candi sebanyak 3x), meditasi, sambutan-sambutan, dan penutup.

Supriyadi, Ditjen Bimas Buddha dalam sambutannya menyampaikan bahwa ritual keagamaan di tempat suci sangat bermanfaat. “Barang siapa dengan bersuka cita dalam mengembangkan, mempraktekkan, dan melakukan ritual keagamaan di tempat suci maka kita semua dapat hidup berbahagia dan dapat bertahan dengan umur yang panjang,” ungkapnya. Perlunya kegiatan Puja Mandala ini dapat dipraktekkan dalam satu bulan dua kali ritual, yakni pada bulan gelap dan bulan gelap. Dengan penuh harap, Supriyadi menyampaikan untuk keberlanjutannya giat wisata tersebut dari pihak APTABI untuk bisa menunjuk bergantian peserta kegiatan kedepannya.

Ketua APTABI Budi Utomo Ditthisampanno, menyampaikan untuk kedepannya mengharapkan Puja Mandala ini dapat berjalan dengan lancar serta meningkatkan keyakinan umat terhadap Buddha Dhamma mengingat Candi Borobudur merupakan tempat yang sakral. Selain itu tempat untuk kegiatan ini akan dilaksanakan di pelataran Candi, dan Hutan Jati.(Fs-Nov/Sua)