Ramadhan Bulan Penguatan Kompetensi Guru PAI

Surakarta – Memanfaatkan momentum bulan Suci Ramadhan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) SD Kota Surakarta mengadakan kegiatan Ramadhan yang dikemas dalam bentuk pembinaan Dinas dan pendalaman materi PAI di lima Kecamatan dengan waktu yang berbeda.
Dimulai dari KKG PAI Kecamatan Serengan pada tanggal 11- 12 April, Kecamatan Laweyan dan Banjarsari 12- 14 April serta tanggal 26-27 April untuk Kecamatan Pasarkliwon dan Jebres.

Ketua KKG PAI Kota Surakarta Maksum Iskandar mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan KKG PAI Kota Surakarta yang sempat facum dua tahun dikarenakan pandemi.
“Disamping update informasi tujuan kegiatan ramadhan ini yang utama adalah untuk penguatan kompetensi guru – guru PAI,” jelas Maksum 14/4/2022.
Ahmad Arifin Kasi PAKIS Kemenag Kota Surakarta menyampaikan pembinaan dan membuka kegiatan ramadhan KKG PAI pada tempat dan waktu yang berbeda sesuai jadwal yang tersusun.

Tujuh program Prioritas Menteri Agama diuraikannya terutama yang terkait dengan peran guru-guru PAI yakni Penguatan Moderasi Beragama pada anak didik dan Transformasi digital di kalangan guru PAI serta pemberian pengalaman agama yang menyenangkan pada siswa.
Arifin juga mengupas tuntas indikator keberhasilan PAI dan persepsi kegagalan PAI di sekolah.

“Indikator keberhasilan PAI salah satunya dapat diukur dari kualitas lulusan dan tampilan serta prilaku anak,” jelas Arifin. Prilaku buruk anak yang dialamatkan kepada kualitas guru PAI hendaknya menjadikan tantangan para guru PAI untuk lebih meningkatkan kualitas diri.

“Mari kita tingkatkan penguatan agama pada siswa dengan memformulasikan pembelajaran PAI yang menarik,” pesan Arifin.
Para pengawas PAI SD Kemenag Kota Surakarta turut memberikan pembinaan sekaligus mendampingi kegiatan KKG PAI di wilayah binaannya masing-masing hingga usai.(myt/bd)