Ramadhan Sebagai Motivasi Meraih Keberkahan Al Quran

Kab. Pekalongan – Lantunan Asmaul Husna terdengar merdu dari mushola MTsN 2 Pekalongan. Pada Sabtu (9/4/2022), siswa-siswi kelas 8 kelompok 2 dengan khusyuk melantunkan 99 nama-nama Allah sekaligus memanjatkan doa kepada Nya. Tidak hanya itu, mereka juga bersama-sama membaca Al Quran juz 30 mulai dari surat At Takatsur hingga AnNas. Kegiatan Ramadhan Berkah yang telah menginjak hari ke 5 itu berlangsung dengan khidmat. Setelah tadarus Quran selesai, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pembimbing kegiatan pada hari itu yakni Agus Johar Maknun, S.Pd.I.

Di hadapan para peserta, guru mapel Bahasa Arab itu memberikan pengetahuan mengenai puasa dan Al Quran. Ia menjelaskan pengertian puasa dan Al Quran secara bahasa dan istilah, Dengan memahami maknanya, diharapkan akan tertanam rasa cinta dan semangat dalam melaksanakan ibadah, terutama puasa di bulan Ramadhan serta memperbanyak tadarus Al Quran. Lebih lanjut Agus menambahkan, kesempatan meraih pahala dan berkah yang berlipat ganda di bulan Ramadhan ini harus menjadi motivasi bagi para siswa.

“Perbanyaklah membaca Al Quran, apalagi di bulan yang mulia ini, dimana setiap huruf yang kalian baca, akan dinilai dengan sepuluh kebaikan. Selain itu, keberkahan juga insya Allah akan mengalir kepada diri kalian sendiri maupun kedua orang tua. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk kita tidak membaca sekaligus mentadabburi Al Quran,” tuturnya.

Kegiatan keagamaan yang berlangsung mulai pukul 07.30 hingga 08.30 WIB ini telah menyemarakkan suasana Ramadhan di MTsN 2 Pekalongan. Meski belum bisa dilaksanakan secara serentak untuk semua kelas dalam satu ruangan mengingat masih adanya pandemi, namun Kegiatan Ramadhan Berkah ini mampu memberikan kesan tersendiri di hati para siswa. Salah satu peserta pada hari itu, Saynando dari kelas 8A mengatakan bahwa dirinya dan teman-teman berterimakasih kepada para pembimbing yang telah menyampaikan ilmu.

“Alhamdulillah, ilmu yang diberikan sangat bermanfaat, menambah pengetahuan saya terutama di bidang keagamaan. Apalagi hari ini, tadi dijelaskan tentang keutamaan membaca Al Quran di bulan Ramadhan. Insya Allah saya jadi paham dan lebih termotivasi untuk memperbanyak tadarus.” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala MTsN 2 Pekalongan, Imam Sayekti, S.Pd., M.Si., M.Pmat sangat mengapresiasi serta mendukung penuh adanya kegiatan pembinaan iman dan taqwa ini. bahkan, Imam berharap agar kegiatan semacam ini bisa dilanjutkan di luar bulan Ramadhan. “Nuansa kebersamaan seperti ini mari kita teruskan. Tadarus bersama, mengkaji ilmu bersama, tentu saja sebagai upaya memakmurkan mushola madrasah serta pembentukan karakter spiritual siswa. Semoga dengan keberkahan Al Quran yang dilantunkan tiap hari, akan mengantarkan madrasah kita menjadi madrasah yang hebat dan bermartabat.” harapnya. (Why/Ant/bd).